Populasi Lansia Dipetakan untuk Percepatan Vaksinasi

by
VAKSINASI - Masyakarat antusias mengikuti vaksinasi di Puskesmas Wonotunggal.

BATANG – Masih berada di PPKM level 3 membuat Pemkab Batang terus menggencarkan vaksinasi. Khususnya vaksinasi lansia yang capaiannya masih di bawah 40 persen. Bupati Batang, Wihaji mengatakan, Pemkab Batang masih memetakan populasi kelompok lansia di tiap-tiap lokasi guna menentukan prioritas lokasi vaksinasi.

“Iya masih 35,83 persen. Kami sudah diskusi dengan kepala Dinkes Batang untuk menjemput bola desa mana yang banyak sasaran lansianya. Jadi memang untuk lansia perlu ada treatment khusus, khususnya untuk jemput bola. Memang untuk jemput bola di desa sudah, sepertinya perlu ada jemput bola dengan membuat lokasi khusus. Nanti kita petakan lagi,” jelas Wihaji, saat diwawancarai pada Selasa (16/11/2021).

Bupati berharap adanya peran serta seluruh elemen masyarakat agar percepatan vaksinasi ini bisa segera direalisasikan dan mencapai target untuk turun ke PPKM level 2 November ini. “Targetnya November ini bisa turun ke level 2. Saya mohon dibantu masyarakat semuanya,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Wonotunggal, dr Nur Kholis menjelaskan, untuk mendukung percepatan vaksinasi, Puskesmas Wonotunggal juga bekerja sama dengan lintas sektoral untuk jemput bola. Baik itu dengan pemerintah desa, Muspika Kecamatan Wonotunggal, dan lainnya. Jemput bola ini dilakukan agar masyarakat khususnya lansia yang minim akses vaksinasi mampu terfasilitasi untuk melaksanakan vaksin.

Hingga kini tercatat untuk vaksinasi dosis 1 di Wonotunggal sudah mencapai 45 persen. Sedangkan untuk vaksinasi lansia berada di kisaran 30-35 persen. “Memang untuk lansia kendalanya mereka kadang tidak ada akses ke tempat vaksinasi. Sehingga kami jemput bola, ada juga pihak desa yang jemput langsung lansia ke rumah. Ada juga bahkan Pemdes yang menyewakan mobil doplak. Semua bersinergi untuk mendukung percepatan vaksinasi khususnya di Kecamatan Wonotunggal,” pungkasnya. (nov)