Awas Bencana Tanah Gerak!

by
PANTAU TANAH GERAK - Babinsa dan Babinkamtibmas memantau kondisi tanah gerak di Dukuh Karyamukti, Desa Garungwiyoro, Kecamatan Kandangserang.

**Tanah Gerak Melanda Garungwiyoro
**Saat Ini EWS Setiap Harinya Bunyi

KANDANGSERANG – Masyarakat di sejumlah desa di Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, diimbau untuk mewaspadai bencana tanah gerak selama musim penghujan 2021. Tanda-tanda bencana tanah gerak telah muncul di Dukuh Karyamukti, Desa Garungwiyoro, Kecamatan Kandangserang. Puluhan rumah terancam. Satu rumah pondasinya telah menggantung. Infrastruktur jalan kampung juga ambles.

Kepala Desa Garungwiyoro, Jariyah, dikonfirmasi Radar, Rabu (17/11/2021), membenarkan terjadi bencana tanah gerak di Dukuh Karyamukti. Menurutnya, satu rumah milik Lutfi Asror (36), di RT 04 RW 02 rusak dan retak karena pondasi teras rumahnya ambrol.

“Rumah alami retak di teras dan pondasi teras rumah ambrol. Sementara penghuni rumah mengungsi di rumah tetangga dan mengosongkan rumahnya,” terang dia.

Selain merusak rumah Lutfi, menurut Jariyah, bencana tanah bergerak juga menyebabkan jalan desa di lokasi setempat amblas. “Jalan amblas sekitar 15 cm,” katanya.

Jariyah mengatakan, bencana tanah gerak di wilayahnya terjadi sejak adanya intensitas hujan tinggi pada Sabtu (13/11/2021) lalu.

“Kejadiannya karena intensitas hujan membuat tanah bergerak. Akibatnya, satu rumah warga menggantung. Kalau terdampak ya puluhan rumah. Yang rusak satu rumah tadi,” kata Jariyah.