Ibu Muda Lahirkan Bayi di Dalam Mobil Patroli Polisi, Begini Kronologinya

oleh -
Seorang ibu muda melahirkan darurat di mobil PJR Tol Palikanci. Foto: Tangkapan layar.

Aksi petugas kepolisian menyelamatkan Watriyah (20), ibu muda yang melahirkan di dalam mobil PJR Tol Kanci-Pejagan terbilang heroik.

AKP Aries Riyanto Kanit VIII PJR Kanci-Pejagan Sat PJR Dit Lantas Polda Jabar mengungkapkan, saat peristiwa itu terjadi dirinya tengah berpatroli di sekitar gerbang tol Kanci.

“Saat itu saya bersama anggota sedang patroli. Tepatnya di KM-214 sebelum gerbang tol Kanci,” jelas AKP Aries kepada wartawan.

Dilanjutkan Aries, saat dirinya berhenti di bahu jalan, ada sebuah bus angkutan dari Jakarta yang berhenti di depan kendaraan patroli.

Tidak lama kemudian, kernet bus keluar sambil berlari-lari melaporkan bahwa ada seorang ibu yang akan melahirkan.

Ternyata Watriyah sudah mengalami kontraksi. Dia ditemani suami dan putra pertamanya yang masih berusia 2,5 tahun hendak pulang kampung ke Pekalongan, Jawa Tengah.

“Kemudian saya panggil anggota saya, kemudian dari dalam bis, ibu yang akan melahirkan itu dikeluarkan kemudian dipindahkan ke mobil patrol,” jelasnya.

Dari Kanci, Aries dan anggotanya membawa Watriyah beserta suami dan putra pertamanya menuju Puskesmas Ciperna.

Di perjalanan, tepatnya di KM-213, Watriyah yang berada di kursi belakang mobil patroli menjerit. “Jarak sekitar 10 kilometer, kita keluar di Gerbang Ciperna timur. Saat ibu hamil itu menjerit diperkirakan bayi sudah lahir di dalam mobil,” tutur AKP Aries.

Setibanya di Puskesmas Ciperna, Aries segera meminta pertolongan petugas medis. “Saat dilakukan tindakan oleh tim medis, ternyata bayi sudah keluar. Jadi, diperkirakan si Ibu melahirkan di dalam mobil PJR,” bebernya.

Sementara itu, Ni Wayan Putri, bidan yang membantu proses persalinan di dalam Mobil PJR mengungkapkan, Watriyah sempat menjalani perawatan di Puskesmas Ciperna sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Pekalongan.

“Persalinannya lancar. Usia kandungan sudah cukup bulan. Secara umum, kondisi ibu dan bayinya baik. Semoga seterusnya sehat,” kata Ni Wayan Putri. (rdh/radarcirebon)