Berharap Situs Kepurbakalaan Batang Makin Terawat

by
PENDATAAN - Petugas BPCB Jateng bersama Komunitas Batang We dan Disdikbud Batang tengah melakukan pendataan salah satu situs kepurbakalaan di Batang.

“Ini masih tahap awal, karena benda-benda cagar budaya itu tersebar di seluruh kecamatan. Sebelumnya Disdikbud bersama Komunitas Batang We sudah melakukan pendataan awal, besok akan disinkronkan, dan kami tetap menjalin komunikasi yang intensif bersama dua pihak tersebut,” terangnya.

Nantinya apabila ditemukan beberapa temuan situs kepurbakalaan baru, pun BPCB akan berkomunikasi karena yang lebih berwenang adalah Disdikbud Batang. “Kami juga akan bekerja sama sehingga dalam pemeliharaan dan konservasi serta cara memperlakukannya pun berbeda dengan lainnya. Benda cagar budaya memang tidak bisa diperbarui, jadi butuh kesadaran masyarakat untuk ikut melestarikannya,” imbaunya.

Ia menegaskan, masyarakat sekitar merupakan ujung tombak dalam pengamanan benda cagar budaya di lingkungannya.

Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Batang, Affy Koesmoyorini mengatakan, pendataan ini sangat baik karena hingga kini Disdikbud belum ada data-data tentang cagar budaya secara mendetail. Saat ini ada 161 benda cagar budaya yang tersimpan rapi di Disdikbud Batang.

“Sebagian memang sudah mulai dilakukan pendataan, namun baru tehadap benda yang diduga cagar budaya. Prosesnya memang memakan waktu hingga dua bulan, yakni satu bulan untuk terjun ke lapangan dan satu bulan lagi untuk membuat narasi,” bebernya.