Tanggul Sungai Meduri Jebol

by
WADUL WABUP - Dua warga Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, wadul ke Wabup Riswadi soal jebolnya tanggul Sungai Meduri di desanya, kemarin.

**Diterjang Rob, Warga Wadul Wabup

TIRTO – Tanggul Sungai Meduri di sisi utara Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, jebol diterjang air rob, Rabu (10/11/2021) malam. Prediksi BMKG potensi air rob dalam beberapa hari terakhir ini cukup tinggi.

Jebolnya tanggul sungai itu dilaporkan warga ke Wakil Bupati Pekalongan Riswadi usai membuka bintek budidaya udang vaname di Aula Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan di Kajen, kemarin siang. Usai membuka kegiatan itu, dua warga Jeruksari yang ikut bintek mencegat Wabup. Keduanya pun melaporkan kejadian jebolnya tanggul itu.

Toni (53), warga Desa Jeruksari, mengatakan, sungai di bagian utara sudah ditanggul dari Kota Pekalongan. Namun, sekitar 100 meter lebih tanggul itu belum ada peninggian. “Masih pakai pancang dengan bambu dan waring. Begitu rob naik jebol. Jebol sepanjang 10 meter. Baru tadi malam, sekitar jam 10 malam,” kata dia.

Dikatakan, rob belum masuk ke pemukiman warga. Namun jika tanggul yang jebol itu tidak segera ditangani, air rob bisa masuk ke wilayah pemukiman.

“Jika tanggul yang jebol itu bisa langsung ditangani Insya Allah nanti bisa teratasi. Prediksi rob saat ini memang tinggi. Nanti malam sekitar jam 12 airnya juga naik,” ungkap Toni.