Pemkot Mulai Tenderkan Pembelian Alat Pembakar Sampah

by

Sementara, penawar terendah ke tiga tidak sanggup untuk melanjutkan proses dengan alasan waktu pelaksanaan dirasa tidak cukup. Lelang akhirnya diulang lantaran tidak ada peserta yang menyampaikan dokumen penawaran setelah ada pemberian waktu perpanjangan.

Sebelumnya, terkait dengan rencana pembelian alat pembakar sampah ini, Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid bersama pejabat dari Bappeda dan Dinas Lingkungan Hidup sudah berkunjung ke PT Pindad dan PT PT Sankyo di Jawa Barat, Senin, 6 September lalu.

Kunjungan tersebut salah satunya dalam rangka mengkaji penggunaan alat pembakar sampah atau incinerator yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero) maupun Sankyo untuk mengatasi permasalahan sampah dan limbah di Kota Pekalongan. PT Pindad sendiri sudah memiliki produk industrial bernama Smokeless Stungta x Pindad, atau alat pembakar sampah tanpa asap.

Walikota Pekalongan, H Achmad Afzan Arslan Djunaid, membenarkan bahwa kunjungan kerja ke PT Pindad tersebut dalam rangka meninjau berbagai produk industrial Pindad, salah satunya Stungta x Pindad yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan sampah dan limbah di Kota Pekalongan.

Aaf, sapaan Afzan, mengakui bahwa permasalahan sampah ini memang masih menjadi perhatian bersama untuk segera diatasi. Terlebih, pihaknya telah ‘market sounding’ dengan beberapa kabupaten/kota lain, bahwa hal yang dihadapi adalah biaya (cost) yang tinggi untuk pengadaan alat penanganan sampah dan limbah tersebut. Sehingga, tentu perlu komitmen bersama untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.