Pemkot Mulai Tenderkan Pembelian Alat Pembakar Sampah

by

KOTA – Rencana Pemerintah Kota Pekalongan untuk memiliki incinerator atau alat pembakar sampah ramah lingkungan sebagai salah satu upaya mengurangi jumlah sampah di TPA Degayu sebentar lagi terwujud.

Pengumiman lelang paket pengadaan pembelian incinerator ini saat ini sudah diunggah di portal Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Pekalongan sejak 3 November lalu.

Dalam LPSE disebutkan, pembelian incinerator ini menggunakan APBD Kota Pekalongan tahun 2021 dengan pagu anggaran sebesar Rp2.550.000.000, di bawah Satuan Kerja Dinas Lingkungan Hidup, dengan metode Penunjukan Langsung.

Pengumuman pembelian incinerator ini sendiri merupakan yang ketiga kalinya diunggah dalam LPSE. Sebelumnya, pengumuman yang sama sudah dilakukan dua kali. Namun tender akhirnya dibatalkan karena beberapa sebab.

Pengumuman lelang pertama tercatat dibuat pada 20 September 2021. Ada dua peserta yang mengikuti tender. Namun, belakangan ternyata tidak ada peserta yang menyampaikan dokumen penawaran setelah ada pemberian waktu perpanjangan. Tenderpun akhirnya dibatalkan.

Berikutnya, pada 1 Oktober kembali diadakan lelang paket pengadaan yang sama. Total ada 12 peserta yang mengajukan penawaran. Namun lagi-lagi tender akhirnya dibatalkan.

Disebutkan ada beberapa pembatalan. Pertama, peserta yang mengajukan penawaran terendah ternyata dinilai tidak memenuhi persyaratan karena pengalaman subkontrak tanpa diketahui oleh PPK. Alasan kedua, peserta yang memberikan penawaran terendah kedua tidak memenuhi undangan pembuktian melalui aplikasi zoom.