Jadi Model Pengajian Saat Pandemi, Ribuan Jamaah Taat Prokes

by
PERCONTOHAN - Haul Akbar ke-36 Kiai Musyaffa di Pondok Pesantren Al Musyaffa di Desa Sudipayung, Kecamatan Ngampel, jadi percontohan kegiatan pengajian akbar dengan prokes ketat di masa pandemi.

**Melihat Puncak Haul Kiai Musyaffa di Ponpes Al Musyaffa Kendal

Haul Akbar ke-36 Kiai Musyaffa di Pondok Pesantren Al Musyaffa Desa Sudipayung, Kecamatan Ngampel, Sabtu (6/11/2021) dijadikan pilot project penyelenggaraan pengajian umum di masa pandemi. Kegiatan yang digelar di ruang terbuka dengan dihadiri ribuan warga itu tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Seperti apa?

Bahkan panitia juga membuka layanan vaksinasi Covid-19 bagi pengunjung yang belum pernah mendapatkan vaksin. Sebagai penceramah, mubaligh kondang asal Yogyakarta, Gus Muwafiq, pun dihadirkan.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, kegiatan Haul Akbar ini akan dijadikan role model untuk menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang mengundang banyak warga. Kabupaten Kendal yang sudah masuk PPKM Level 2, sehingga sudah memperbolehkan kegiatan di ruang terbuka dengan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan.

“Haul ini jadi role model yang sudah dikondisikan oleh pihak pondok bersama Pemkab Kendal. Dengan protokol kesehatan yang ketat, dari awal pintu masuk satu arah, keluarnya satu arah, semua jaga jarak, menggunakan masker dan yang hadir sudah divaksin,” katanya.

Kegiatan Haul ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan amal ibadah serta memantapkan pemahaman dan pengamalan keislaman pada diri masing-masing. Manfaat dari kegiatan ini, masyarakat yang hadir akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan bisa diamalkan untuk kebaikan di masyarakat.