Waspada, Wilayah Atas-Bawah Sama-sama Rawan Bencana

by -
SIMULASI - Pemkab Kendal menggelar Apel Siaga Bencana di salah satu wilayah yang rawan bencana, yakni di Desa Korowelang Wetan, Kecamatan Cepiring.

*Bupati Pimpin Apel Siaga di Desa Rawan Bencana

KENDAL – Memasuki musim hujan, Pemerintah Kabupaten Kendal meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana alam yang mungkin terjadi. Terlebih, baik wilayah atas maupun bawah di Kabupaten Kendal sama-sama memiliki tingkat kerawanan bencana, terutama banjir dan longsor.

“Pemerintah Kabupaten Kendal sudah melakukan pemetaan lokasi-lokasi yang rawan bencana banjir dan longsor. Pemkab sudah berupaya tahun ini untuk memastikan bahwa penanganan titik-titik banjir khususnya dapat dilakukan penanganan dengan baik dan tuntas,” kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat menjadi Inspektur Apel Siaga Bencana yang digelar di Lapangan Desa Korowelang Kulon, Kecamatan Cepiring, yang notabene termasuk wilayah rawan bencana, Kamis (4/11/2021).

Namun demikian, jelas Bupati, masih banyak lokasi yang kompleksitasnya tinggi dan jika terjadi cuaca ekstrem pada akhir tahun ini maka dipastikan masih ada beberapa titik yang dilanda banjir. Untuk itu perlu melibatkan seluruh elemen masyarakat, Pemkab, TNI, Polri secara bersama-sama mengantisipasi agar banjir yang terjadi di Kendal bisa ditangani dengan baik.

Ia meminta dinas-dinas terkait yang ada hubunganya dengan pencegahan maupun penanganan banjir dan longsor harus siap siaga merspon langsung apabila terjadi bencana.

“Semua drainase yang berada di lokasi-lokasi krisis harus segera diselesaikan. Jika terjadi banjir kita harus bersama-sama mengatasi, menangani agar banjir tidak terdampak parah terhadap masyarakat di Kendal. Itu yang harus kita siapkan,” ungkapnya.