Keren, Karya SMPN 3 Batang Juarai Lomba Film Provinsi

by
JUARAI - Film pendek SMPN 3 Batang terpilih menjadi juara 1 lomba kreasi seni film pendek pelajar tingkat Jawa Tengah.

Kepala SMPN 3 Batang, Bambang Purwantyono menyampaikan, kegiatan kepramukaan para siswa sangat getol, untuk melatih kemandirian anak. “Prestasi ini bisa membawa nama baik anggota Pramuka putri, terlebih menjelang peringatan Hari Pahlawan, mengambil judul film “Perempuan itu Kartini”, karena kepahlawanan RA. Kartini sudah tidak diragukan lagi,” ungkapnya.

Ia menerangkan, persamaan gender di masa kini, masih tetap diperjuangkan, maka film pendek ini dapat memvisualisasikan perjuangan kaum perempuan yang terus bangkit. “Prestasi dan potensi di bidang seni peran harus diwariskan kepada anggota Pramuka lainnya, sehingga ada peningkatan kreativitas dari anak-anak yang menjadi pribadi mandiri,” harapnya.

Salah satu siswi yang juga sebagai pemeran utama film pendek “Perempuan itu Kartini”, Angela Wening Tiyas menuturkan, sosok Kartini merupakan perempuan yang tangguh, meskipun dipingit oleh orang tuanya.

“Untuk mendalami karakter saya menonton film Kartini yang diperankan oleh aktris Dian Sastrowardoyo dan dibimbing sama guru dan ayah yang dulu pernah menjadi pemain taeter waktu kuliah. Kalau dialog saya diajari ayah supaya tidak menghafal tapi meresapi karakter yang diperankan, dan membayangkan tokoh itu benar-benar merasuk,” bebernya. (nov)