Keren, Karya SMPN 3 Batang Juarai Lomba Film Provinsi

by
JUARAI - Film pendek SMPN 3 Batang terpilih menjadi juara 1 lomba kreasi seni film pendek pelajar tingkat Jawa Tengah.

BATANG – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan anggota Pramuka SMPN 3 Batang. Kali ini mereka berhasil menyabet juara 1 lomba kreasi seni film pendek pelajar tingkat Jawa Tengah. Lomba ini digelar Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah untuk memotivasi pelajar memproduksi film edukasi.

Ketua Gugus Depan SMPN 3 Batang, Dedi Bara Firmansyah mengatakan, film tersebut menceritakan tentang persamaan hak untuk mengemukakan pendapat dan berkarya. “Ceritanya tentang tempo dulu, cuma dari sisi kostum memang diwajibkan Pramuka. Kami lebih menonjolkan nilai kepahlawanan, kemandirian yang lekat dengan karakter anggota Pramuka,” terangnya, Senin (1/11/2021).

Berdasarkan informasi dari dewan juri, penilaian diambil dari kesesuaian tema, latar dan pengambilan gambar, dan proses editing. “Kami memperoleh nilai 1.100 untuk kategori kreasi seni,” ujarnya.

Melihat prestasi dan potensi yang dimiliki anak didiknya, maka akan membuat film-film pendek bertemakan pendidikan. “Rencanaya kami akan membuat film bertema tata krama, karena melihat kondisi sekarang, generasi muda kurang memiliki rasa hormat terhadap orang tua. Apalagi setahun lebih mereka tidak betatap muka dengan guru,” ungkapnya.

Dedi memastikan, melalui film pendek itu, anak-anak diingatkan kembali tentang pentingnya tata krama. “Pemanfaatan media film pendek untuk mengedukasi, dinilai cukup efektif karena generasi milenial lebih suka menonton YouTube daripada diceramahi,” tegasnya.