Pelonggaran PPKM, Obyek Wisata di Batang Mulai Bebenah

by
BERAKTIVITAS - Para pengunjung saat beraktivitas di Desa Wisata Pandansari Warungasem.

BATANG – Seiring melonggarnya PPKM di Kabupaten Batang, beberapa obyek wisata mulai bebenah dengan memperbaiki infrastruktur penunjang, agar wisata makin nyaman. Seperti yang dilakukan di Desa Wisata Pandansari, Kecamatan Warungasem.

Hal ini seperti disampaikan Ketua Komunitas Pecinta Alam Enak Tentrem Ora Mendem (Kopaletom) sekaligus pengelola Desa Wisata (Deswita) Pandansari, Aminudin. Menurutnya, selama pandemi anggota lebih berkonsentrasi pada pembenahan sarana prasarana obyek wisata.

“Kami melakukan perbaikan di beberapa wahana wisata supaya ketika buka lagi sudah siap. Anggota pengelola juga dimotivasi lagi, agar bersemangat untuk bangkit lagi serta membantu mempromosikan Deswita Pandansari sudah mulai buka dengan penerapan prokes,” ungkapnya, Minggu (31/10/2021).

Ia mengakui, sejak ada pelonggaran PPKM jumlah pengunjung sudah mulai berdatangan walau tidak terlalu banyak, karena jumlahnya terbatas. “Sebelum pandemi dalam sebulan ada 4 ribu pengunjung, namun selama pandemi ada yang sampai tidak ada pengunjung karena saat itu masih PPKM Darurat. Kini setelah ada pelonggaran, jumlah pengunjung mulai merangkat naik hingga 2 ribu wisatawan tiap bulannya,” bebernya.

Aminudin menjelaskan, paket wisata yang menjadi unggulan adalah river tubing, outbon edukasi dan cara menanam padi bagi pelajar SD, flying falk. “Ada pula paket camping menggunakan tenda yang disuguhi musik angklung. Biaya mulai Rp50 ribu sampai Rp200 ribu per orang,” tandasnya. (fel)