Capaian Vaksinasi Lansia Tembus 42%

by
VAKSINASI - Salah satu lansia sedang mengikuti vaksinasi Covid-19 di aula Kelurahan Bandengan, Kecamatan Pekalongan Utara, belum lama ini.

KOTA – Berbagai upaya sinergis untuk meningkatkan cakupan atau capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Pekalongan, terutama untuk para lanjut usia (lansia) oleh Pemkot Pekalongan bersama TNI, Polri, dan berbagai pihak lain agar bisa mencapai target sasaran dosis 1 minimal 40% untuk lansia akhirnya membuahkan hasil.

Data Kementerian Kesehatan melalui laman vaksin.kemkes.go.id, sampai dengan Minggu (31/10/2021) pukul 18.00 WIB, menunjukkan bahwa vaksinasi dosis 1 untuk lansia di Kota Pekalongan mencapai 42,08% dengan jumlah lansia yang sudah divaksin sebanyak 10.252 orang. Sedangkan secara total, capaian vaksinasi dosis 1 di Kota Pekalongan sudah 68,08%, dengan jumlah yang sudah divaksin dosis 1 sebanyak 164.666 orang.

Dengan capaian vaksinasi dosis 1 untuk lansia yang sudah mencapai lebih dari 40% target sasaran ini, membuka peluang level Kota Pekalongan pada masa PPKM ini naik ke level 2.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, meskipun kasus Covid-19 di Kota Pekalongan sudah landai, namun pada September lalu cakupan vaksinasi dosis 1 untuk lansia di Kota Pekalongan belum mencapai target minimal 40%. Rendahnya cakupan vaksinasi untuk lansia ini pulalah yang menyebabkan Kota Pekalongan yang sebelumnya berada di level 2 naik ke level 3.

Pemkot Pekalongan bersama berbagai instansi terkait akhirnya melakukan segala upaya sinergis untuk meningkatkan cakupan vaksinasi pada masyarakat, khususnya pada lansia.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid
Pemkot Pekalongan bersama stakeholder terkait seperti TNI dan Polri saat ini terus menggenjot vaksinasi. Terutama untuk mengejar target cakupan vaksinasi lansia yang masih rendah, ataupun vaksinasi bagi kalangan remaja. “Untuk vaksinasi kepada lansia akan terus kita genjot. Tiap hari terus kita laksanakan vaksinasi di puskesmas-puskesmas, fasyankes, maupun sentra-sentra vaksinasi lainnya,” unhkapnya. (way)