Metro Pekalongan

PKS Buka Peluang Bacaleg Eksternal

PKS Verifikasi Faktual

VERIFIKASI – DPD PKS Kota Pekalongan saat menjalani verifikasi faktual oleh KPU di Kantor DPD PKS Kota Pekalongan, Rabu (31/1).
M. AINUL ATHO

KOTA PEKALONGAN – DPD PKS Kota Pekalongan membuka peluang bagi masyarakat untuk bergabung sebagai bakal calon legislatif dari PKS pada Pemilu 2019. Bahkan, saat ini DPD PKS Kota Pekalongan sudah mulai menjalankan proses seleksi bagi kader internal partai untuk mencalonkan diri sebagai bacaleg. “Di kami ada tiga tahapan. Saat ini sudah mulai berlangsung. Sudah ada berapa kader internal yang masuk, tapi tetap ada porsi untuk calon eksternal,” ungkap Ketua DPD PKS, Aji Suryo kemarin.

Meskipun membuka peluang bagi kader internal maupun eksternal, Aji menegaskan ada proses yang harus dilalui para bakal calon. “Yang sudah berjalan adalah tahap pertama. Setelah ini, nanti kami evaluasi untuk tahap selanjutnya. Baru setelah masuk tahap ketiga ada finalisasi nama-nama yang akan dicalonkan dalam Pemilu 2019. Prosesnya masih panjang,” jelas mantan aktivis HMI ini.

DPD PKS juga terus mempersiapkan diri untuk menghadapi Pemilu 2019. Salah satu yang sudah dilalui yakni verifikasi faktual partai politik, Rabu (31/1). Untuk kepengurusan, PKS menghadirkan seluruh pengurus termasuk keterwakilan perempuan dimana terdapat enam pengurus perempuan dari 15 pengurus DPD PKS Kota Pekalongan.

“Untuk jumlah anggota yang diverifikasi, kami hadirkan lebih dari syarat yang ditetapkan yakni 5 persen. Saat pendaftaran kami masukkan 368 anggota dalam Sipol, sehingga dalam verifikasi faktual wajib dihadirkan 19 orang. Tapi kali ini kami hadirkan sebanyak 24 orang, sehingga harapannya bisa sesuai ketentuan. Kami optimistis bisa lolos tahapan verifikasi faktual ini,” katanya.

Ditanya mengenai target dalam Pemilu 2019, Aji menyatakan bahwa sesuai Musyda PKS Kota Pekalongan menetapkan target minimal 5 kursi DPRD. Target tersebut dinilai paling realistis untuk bisa dicapai. “Kami realistis untuk bisa menambah dua kursi di DPRD. Kalau ada target lain, tentu porsi dan targetnya berbeda. Yang jelas target yang sudah ditetapkan ini, kami optimis,” tandasnya. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments