Mulai Digelar Hari Ini, Dieng Culture Festival 2021 Tertutup untuk Wisatawan

by
Dieng Culture Festival. Istimewa

Helatan Dieng Culture Festival (DCF) 2021 diselenggarakan secara virtual hybrid. Even budaya ini tetap menghadirkan penonton, namun dalam jumlah terbatas. Sedangkan bagi masyarakat dipersilahkan menyaksikan kegiatan yang disiarkan live streaming. Adapun tema dalam even ini yaitu The Dream Beauty of Culture.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto mengatakan, kegiatan DCF 2021 berlangsung dari Senin (1/11) – Rabu (3/11).

“Besok (hari ini, red) pembukaan diawali dengan bersih-bersih dan penanaman pohon,” kata dia, Minggu (31/10).

Setelah pembukaan, pada hari pertama dilaksanakan pagelaran seni tradisi, festival tumpeng, genduri doa dan sendera tari anak gimbal. “Untuk cukur rambut gimbalnya dilaksanakan pada hari kedua. Sedangkan pada hari ketiga kongkow budaya Dieng,” jelasnya.

Dia menjelaskan, acara dilaksanakan secara virtual hybrid atau perpaduan ada yang bisa menyaksikan di lokasi dan disiarkan live streaming. “Acara dihadiri undangan maksimal 50 orang yang menyaksikan di lokasi, semuanya pejabat, tidak ada wisatawan,” paparnya.

Baik pejabat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi dan Pemeritah Kabupaten Banjarnegara. Dikatakan, masyarakat bisa menyaksikan kegiatan ini secara virtual di channel Youtube “dieng pandawa”. Adapun akun facebooknya yaitu Dieng Culture Festival dan Instagramnya @festivaldieng.

Agung mengatakan, sebelum menghadiri acara, para peserta wajib rapid antigen. Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan ini dipersiapkan dengan baik agar tidak terjadi klaster baru Covid-19. (drn/radarbanyumas)