Hujan, Warga Diminta Waspada Bencana

by
WASPADA - Masyarakat diminta waspada ketika dalam perjalanan terjadi hujan lebat diiringi angin.

**Diantaranya Rawan Pohon Tumbang

KAJEN – Beberapa hari terakhir, wilayah Kota Santri dilanda hujan lebat diiringi angin kencang. Bencana pun mulai menghantai. Diantaranya bencana longsor dan pohon tumbang yang hingga menutup akses jalan Lebakbarang -Karanganyar. Untuk itu masyarakat diminta tetap waspada.

Sekadar untuk diketahui, pada Selasa (27/10/2021) angin kencang berdampak pada tumbangnya sejumlah pohon, seperti di Blok Sibatuk jalan Karanganyar – Lebakbarang. Namun dengan kesigapan petugas gabungan TNI, Polri, relawan dan masyarakat sekitar turun ke lokasi akhirnya pohon bisa cepat dievakuasi.

Tampak pohon berdiameter satu meter dengan panjang 20 meter serta material batu dan lumpur menutup badan jalan hingga jalur tersebut tidak bisa dilalui oleh warga baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hal itu dibenarkan Kapolsek Lebakbarang Iptu Sudiono, Rabu (27/10/2021). Ia menyampaikan adanya pohon tumbang sempat terjadi dua kali petugas gabungan, relawan dengan sigap melakukan penanganan. Evaluasi juga dibantu masyarakat sekitar dalam menangani pohon tumbang dengan cepat.

“Lebakbarang merupakan daerah rawan bencana untuk itu kepada masyarakat agar tetap waspada, dengan menghindari pohon-pohon besar, apalagi yang sudah termakan usia karena rawan tumbang. Hindari dulu pohon-pohon. Misalnya jangan parkir kendaraan atau nongkrong di dekat pohon saat angin masih kencang. Bisa membahayakan diri,” pintanya.

DItendaskan, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan agar berhenti sejenak pada tempat yang aman ketika perjalanan pada saat hujan. Kemudian melanjutkan setelah hujan reda.

“Pohon tumbang biasanya diakibatkan hujan lebat diiringi dengan angin kencang, oleh karena itu ketika melintas dihutan lebih baik berhenti pada tempat yang aman,” tandasnya. (Yon)