Persekap Pekalongan Libas Slawi United 4 – 1

by

Uji Tanding Persiapan Liga 3 Jateng

Tim Persekap Kabupaten Pekalongan, Sabtu (23/10/2021) melibas Slawi United dengan skor 4 – 1. Uji tanding persiapan Liga 3 Jateng kali ini berlangsung di Stadion Widya Manggala Krida Kedungwuni.

Uji tanding terakhir untuk persiapan Liga 3 Jateng kali ini melawan Slawi United, yang juga merupakan salah satu tim di wilayah Pantura yang ikut dalam kompetisi serupa. Laga uji yang berlangsung di Stadion Widya Manggala Krida, Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, tuan rumah berhasil mengalahkan lawannya 4 – 1. Empat gol Persekap dicetak oleh Yanuar Baihaqi (4), Wiji Atmoko (14), Dedi Purwanto (38), Said Nurul (87), sedangkan gol tim tamu dicetak Oki Kharisma (49).

Sejak kick off, anak-anak Persekap langsung menerapkan permainan menyerang sehingga membuat pemain lawan menjadi panik. Laga baru berjalan empat menit, gawang Slawi United akhirnya kebobolan setelah mendapat tekanan bertubi-tubi. Striker andalan tuan rumah, Baihaqi yang berlari dari sektor kanan langsung menyambut bola di depan gawang lawan dan sekali sontek langsung menggetarkan jala tim tamu.

10 menit kemudian, giliran Wiji Atmoko mencetak gol setelah memanfaatkan kelengahan ini belakang tim lawan. Meski sudah unggul, namun anak asuhan M Hasan terus menggalang serangan dan tak jarang anak-anak Slawi United memperkuat pertahanan. Menit 38, Kapten tim Persekap, Dedi Purwanto menambah keunggulan bagi timnya.

Setelah jeda, Slawi United merubah strategi permainan dengan berusaha bermain menyerang. Usaha mereka pun tak sia-sia, saat terjadi skrimit di depan gawang Persekap, ada salah satu pemain yang melakukan pelanggaran. Wasit pun dengan tegas menunjuk titik putih dan memberikan hadiah tendangan pinalti ke tim tamu.

Kesempatan itu tak disia-siakan oleh Oki Kharisma yang menjadi ”algojo”, tendangannya tak dapat ditepis oleh Jeki Pranata, kiper tuan rumah. Gol itu membuat semangat anak-anak Slawi United semakin tinggi sehingga terus menerus menggalang tekanan. Namun, pertahanan Persekap masih bagus, malahan sering melakukan serangan balik yang beberapa kali menggetarkan jala gawang tim lawan.

Dua kali telihat pemain Persekap hampir menjebol gawang lawan, namun dewi fortuna berlum berpihak sehingga belum bisa menghasilkan gol. Walau begitu, Dedi Purwanto cs tidak patah semangat terus menerus menekan dan akhirnya menit 87 membuahkan hasil setelah Said Nurul mencetak gol. Kedudukan 4-1 untuk Persekap Kabupaten Pekalongan ini bertahan hingga pertandingan usai.

Pelatih Persekap, M Hasan mengaku sangat gembira dengan hasil ini meskipun hanya sekadar uji coba. Menurutnya, sejak awal pertandingan anak asuhannya memang diminta bermain menyerang karena untuk megetahui kwalitas permainan tim.

”Selama ini, kita masih lemah di lini depan dan hari ini bisa dilihat, anak-anak bermain sangat solid,” tegasnya.

Untuk itu, dengan sisa jadwal pertandingan kurang dari sepekan, maka akan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kelemahan di sejumlah sektor secepatnya diperbaiki sehingga saat hari H benar-benar siap bertanding.

Ketua Umum Persekap Kabupaten Pekalongan, Candra Saputra usai menyaksikan pertandingan secara langsung menegaskan kalau melihat permainan melawan Slawi United, timnya 90 persen siap bertanding di Liga 3 Jawa Tengah. Kelemahan di lini depan yang selama ini sering terlihat, alhamdulillah sudah terbenahi meskipun nantinya bakal ditajamkan kembali.

”Utamanya kerjasama tim di lapangan, mereka sudah sangat kompak baik ketika menggalang serangan maupun bertahan,” terang Candra Saputra. (Yon)