Miliki Cafe, SMKN 1 Batang Latih Pelajar Berwirausaha

by -
RESMIKAN - SMKN 1 Batang melaunching Skanslove Coffee sebagai media untuk menumbuhkan dan melatih jiwa kewirausahaan para pelajar.

BATANG – Inovasi diluncurkan SMKN 1 Batang untuk mendorong pelajar berwirausaha. Hal ini salah satunya dengan melaunching Skanslove Coffee, Selasa (18/10/2021). Diharapkan nantinya para pelajar lebih siap menghadapi persaingan di dunia bisnis.

Pelaksana Tugas Kepala SMKN 1 Batang, Catur Puji Raharjo mengatakan, dipilihnya kopi sebagai menu andalan, karena mayoritas warga Batang adalah pecinta kopi. “Lewat media kopi, kita bisa memperbincangkan segala macam hal. Obrolan ringan maupun bisnis semua bisa diutarakan secara lebih santai,” ungkapnya, saat ditemui di Skanslove Coffee.

Ia menerangkan, bahan baku kopi didatangkan langsung dari para petani lokal, di antaranya Temanggung, Tombo – Bandar dan daerah lainnya. “Kopinya kami roasting sendiri dan langsung dibawa ke sini untuk diseduh dan pengunjung siap menikmatinya,” ujarnya.

Pihak sekolah tetap berupaya mengoptimalkan potensi alumnus SMKN 1 Batang dalam mengelola kafe tersebut. “Barista kami datangkan langsung dua alumnus yang punya bakat di dunia kopi,” terangnya.

Saat ini, pihak sekolah belum berorientasi profit, namun lebih mengedepankan nilai edukasi kepada anak didik. “Kalaupun ada keuntungan yang didapat, ya untuk pengembangan Skanslove Coffe. Jadi untuk sekarang ini tidak ada anak dapat honor,” tegasnya.