Kota Pekalongan Sudah Nol Kasus Covid-19

by
INGATKAN PROKES - Petugas gabungan dari unsur tiga pilar terdiri dari TNI, Polri, dan Satpol PP terus menggelar patroli untuk mengingatkan warga agar mematuhi protokol kesehatan, sebagaimana dilakukan di kawasan Monumen Juang Kota Pekalongan, Selasa (19/10/2021) malam.

Berdasar data Kemenkes sampai dengan Rabu (20/10/2021) sore, vaksinasi Covid-19 dosis 1 di Kota Pekalongan secara total baru mencakup 60,18%, dengan jumlah warga yang sudah divaksin sebanyak 143.479 orang. Sedangkan vaksinasi dosis 1 untuk lansia baru mencakup 36,72%, dengan jumlah lansia yang sudah divaksin sebanyak 8.948 orang.

Sementara, untuk vaksinasi dosis 2 baru mencakup 33,45%, dengan jumlah warga yang sudah divaksin sebanyak 79.754 orang. Sedangkan lansia yang sudah divaksin dosis 2 baru sebanyak 6.110 orang, atau 25,08%.

Wali Kota Afzan mengungkapkan, Pemkot Pekalongan bersama stakeholder terkait seperti TNI dan Polri saat ini terus menggenjot vaksinasi. Terutama untuk mengejar target cakupan vaksinasi lansia yang masih rendah, ataupun vaksinasi bagi kalangan remaja. “Untuk vaksinasi kepada lansia akan terus kita genjot. Tiap hari terus kita laksanakan vaksinasi di puskesmas-puskesmas, fasyankes, maupun sentra-sentra vaksinasi lainnya,” imbuhnya.

Di satu sisi, selain mempercepat capaian vaksinasi, sosialisasi protokol kesehatan juga terus digencarkan, meskipun PPKM sudah mulai longgar. Patroli terus dilaksanakan baik siang maupun malam hari oleh unsur tiga pilar terdiri dari TNI, Polri, dan Satpol PP.

Seperti yang dilakukan oleh Satuan Samapta Polres Pekalongan Kota, personel Kodim 0710/Pekalongan dan Satpol PP Kota Pekalongan pada Selasa malam (19/10/2021). Beberapa anggota gabungan dari Polres Pekalongan Kota, Kodim 0710 Pekalongan dan Satpol PP, menyambangi beberapa warung makan dan warung kopi serta tempat tempat keramaian.