Radar Kajen

Inflasi Kabupaten Pekalongan 2016 dibanding 2015 Menurun sebesar 0,46 Persen

Harimurti

Harimurti

Tuntutan Pembangunan Ekonomi:

Pembangunan bidang ekonomi menuntut tersedianya data-data statistik ekonomi yang berkualitas, tepat waktu, dan beragam. Salah Satunya yaitu Angka Inflasi, perubahan IHK, yang menunjukkan perubahan Harga-harga.

Manfaat IHK:

IHK dapat digunakan untuk membuat analisa tentang pembangunan kegiatan ekonomi suatu wilayah (daerah) pada periode tertentu (umumnya satu bulan), misalnya kebijakan fiskal, moneter, penentuan tarif, penggajian dan lainnya. Kemajuan perekonomian kabupaten Pekalongan dapat terlihat salah satunya dari nilai inflasi. Nilai inflasi yang positif dapat menunjukkan bahwa perekonomian tumbuh, namun jika nilai tersebut terlalu tinggi juga akan mempengaruhi kemampuan daya beli masyarakat, sehingga lebih jauh lagi akan menghambat proses pembangunan ekonomi.

Apabila nilai inflasi dapat dikendalikan dan dipantau dengan baik, maka diharapkan pembangunan ekonomi akan terus berjalan dan dapat menyentuh berbagai sektor usaha serta semua lapisan masyarakat. Dengan demikian diharapkan kestabilan ekonomi akan bertahan lama dan proses pembangunan secara keseluruhan akan berjalan dengan baik dan akhirnya tingkat kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan.

Pengaruh Perubahan IHK:

Keadaan perekonomian yang menunjukkan aktivitasnya ini berpengaruh terhadap kondisi pasar sehingga kegiatan ekonomi dapat berjalan lancar, baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Di sisi lain, ketidakseimbangan antara kebutuhan dan daya beli masyarakat menjadi beban tersendiri bagi perekonomian secara umum dan juga bagi masyarakat itu sendiri, baik sebagai konsumen maupun pelaku usaha.

Kenaikan harga-harga secara fluktuatif yang terjadi pada beberapa kelompok pengeluaran, tentunya hal ini menjadi beban tersendiri khususnya masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Sebagai akibat dari interaksi dari kondisi perekonomian tersebut, mengakibatkan ketidakstabilan harga yang antara lain diakibatkan oleh tidak seimbangnya antara penawaran dan permintaan maupun sebab lain yang menyebabkan perubahan harga tersebut pada beberapa komoditas.

Inflasi Kabupaten Pekalongan 2016:

Selama 2016 angka inflasi mencapai 3,42 persen, angka ini lebih rendah dibanding Tahun 2015 yang angkanya sebesar 8,32 persen.

Laju Inflasi Beberapa Daerah Tahun 2014-2016 (Persen)

Laju Inflasi

Perkembangan Inflasi di Kabupaten Pekalongan Menurut Kelompok Pengeluaran 2014 – 2016

Perkembangan Inflasi

Kesimpulan dan Rekomendasi:

Geliat Pembangunan suatu Wilayah sangat menguntungkan warga yang mendiami wilayah tersebut, pembangunan di berbagai bidang yang ditopang dengan sumber dana APBD maupun APBN serta dana-dana block grant, kondisi perekonomian pada 2016 di Kabupaten Pekalongan memperlihatkan perkembangan yang positif. Hal ini terlihat dari beberapa indikator makro yang menunjukkan angka yang membaik.

Pertumbuhan Ekonomi Pekalongan mengikuti tren Ekonomi Nasional dimana pada 2016 ekonomi nasional tumbuh sekitar 5 (lima) persen. Hal ini dapat terlihat pada pertumbuhan Ekonomi Pekalongan beberapa tahun ini.

Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pekalongan 2016 tampaknya juga tumbuh positif. Pertumbuhan Produk Domestik Bruto yang significant menunjukkan bahwa geliat ekonomi muncul bersamaan dengan inflasi yang wajar. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi dua tahun terakhir. PDRB Kabupaten Pekalongan pada Tahun 2015 mencapai 16,728 Triliun rupiah meningkat dibandingkan PDRB pada tahun 2014 yang besarnya 15,234 Triliun rupiah.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, inflasi juga memperlihatkan fenomena yang cukup baik yaitu masih di bawah angka 10 persen. Angka inflasi 2016 mencapai 2,96 persen, angka ini jauh lebih rendah dibanding Tahun 2015 yang angkanya sebesar 3,42 persen. Berdasarkan beberapa indikator makro ekonomi tersebut, dapat dikatakan bahwa perkembangan ekonomi di Kabupaten Pekalongan semakin membaik.

Sangat direkomendasikan bahwa Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pekalongan harus terus dipertahankan, dimana pertumbuhan ekonomi yang bagus menunjukkan kegiatan ekonomi yang positif.

Inflasi sebagai indikator perubahan harga dapat menjadi ukuran kesejahteraan warga, inflasi yang terkendali merupakan inflasi yang baik.

Facebook Comments