Puluhan Tahun Krisis, Warga Wonosari Kini Bisa Nikmati Air Bersih

by
BUATKAN - Dompet Dhuafa Jawa Tengah bangunkan sumur bor untuk cukupi kebutuhan air bersih bagi warga di Dusun Mulyosari RT 4 RW 7 Desa Wonosari Kecamatan Patebon.

*Dompet Dhuafa Bangun Sumur Bor 120 M

KENDAL – Puluhan tahun warga di Dusun Mulyosari RT 4 RW 7 Desa Wonosari Kecamatan Patebon, mengalami krisis air bersih. Pasalnya sumur-sumur bor yang ada masih berkadar air payau dan tak layak untuk kebutuhan minum sehari-hari. Untuk mencukupi kebutuah air bersih warga terpaksa membeli air isi ulang dan ada juga yang mengambil air di lapas terbuka dengan jarak tempuh 3 kilo meter dengan kondisi jalanan yang rusak. Numun kini keberadaan sumur bor yang dibuatkan oleh Dompet Dhuafa telah mampu mengatasi krisis air bersih di desa tersebut.

Fasilitator Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Arif Fajar Hidayat mengatakan, dalam program penanganan air bersih ini, Dompet Dhuafa membangun sumur bor di 7 lokasi, yang 2 di antaranya berada di Kabupaten Kendal, yakni di Desa Wonosari dan Lanji Kecamatan Patebon. Pembangunan sumur bor bekerjasama dengan beberapa lembaga.

“Yakni dengan KPII untuk sumur bor di Desa Wonosari, sedangkan di Desa Lanji bekerja sama dengan British Propolis. Untuk daerah lain bekerja sama dengan Adira Insurance Syariah di Boyolali dan Sragen,” katanya, Senin (18/10/2021).

Bantuan pembuatan sumur bor ini diprioritaskan untuk mengatasi kebutuhan air bersih akibat kekeringan, baik karena musim atau kekeringan karena akses. Untuk masyarakat Desa Wonosari ini, kesulitan akses kebutuhan air minum sepanjang musim.

“Di sini, PDAM belum bisa menjangkau, mungkin karena belum memenuhi kuota, melihat lokasi yang terpencil dan kondisi perekonomian warga yang sebagian besar bekerja sebagai petani tambak dan ternak,” ungkapnya.