Kinerja Keuangan Oke, Batang Sabet WTP Kelima

by
PENGHARGAAN - Bupati Batang, Wihaji di dampingi Wakil Bupati Suyono dan Sekda Lani Dwi Rejeki menerima plakat penghargaan WTP yang diserhkan Kakanwil DJPb Provinsi Jateng, Midden Sihombing, Senin (18/10/2021). 

BATANG – Kualitas tata kelola pemerintahan di Kabupaten Batang, khususnya dalam kinerja pengelolaan keuangan daerah, terus menunjukkan konsistensi yang baik. Hasilnya, Pemkab Batang kembali diganjar dengan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualiaan dari Kementerian Keuangan melalui Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah.

Adapun piagam WTP ini diserahkan Kepala Kanwil DJPb Jateng, Midden Sihombing, kepada Bupati Batang, Wihaji, di aula Kantor Bupati setempat, Senin (18/10/2021). Menjadi istimewa, karena penghargaan ini adalah yang kelima kalinya diterima Batang secara berturut-turut terhitung 2017 silam.

Bupati Wihaji mengatakan bahwa penghargaan WTP ini menjadi semangat jajarannya dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan. “Maka penghargaan WTP ke 5 kalinya ini sebetulnya bonus Pemkab Batang dalam mengelola keungan negara,” ungkap Wihaji. 

Menurutnya, Bupati dan Wakil Bupati yang bertanggung jawab atas pengelolaan keungan daerah mempunyai kewajiban untuk diperiksa. “Penghargaan WTP bukan hal aneh, tetapi bagi kita penting untuk memberikan pembelajaran sekaligus pendidikan bahwa tata kelola keuangan menjadi sesuatu yang urgen dan harus akuntabel, dipertanggungjawabkan penggunaannya,” terang Wihaji.

Karena itu, Bupati juga berharap setiap OPD menjadi bagian dari sub entitas terperiksa, tentu sesuai aturan perundang-undangan. “Penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu agar kita bekerja lebih baik. Pastinya ada kekurangan-kekurangan yang mesti diperbaiki ke depannya,” ujarnya.