Progres Infrastruktur SDA Kali Blorong Sudah 85%

by
MELAPORKAN - Saat audensi, BBWS Pamali Juwana melaporkan kepada Bupati saat ini 85% infrastruktur sumber daya air yang dibangun di Kali Blorong hampir selesai.

*Untuk Tunjang Kebutuhan Industri dan Pariwisata

KENDAL – Berdasarkan laporan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pamali Juwana, saat ini 85% infrastruktur sumber daya air yang dibangun di Kali Blorong hampir selesai. Sehingga akhir tahun ini, sudah dapat mengalirkankan suplai air baku ke Kawasan Industri Kendal (KIK). Untuk pengelolaannya, Bupati Kendal berharap dapat dihibahkan kepada BUMD PDAM Kabupaten Kendal.

“Tentu ini perlu komunikasi lebih lanjut antara PDAM Provinsi dengan PDAM Kendal,” kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto usai menerima kunjungan BBWS Pamali Juwana, Kamis (14/10/2021), di ruang kerjanya.

Seperti diketahui, pembangunan infrastruktur sumber daya air di Sungai Blorong tersebut guna mendukung ketersediaan air Kawasan Industri Kendal (KIK). Namun Bupati juga berharap pembangunan infrastruktur SDA ini mempunyai nilai seni atau potensi wisata, seperti halnya di daerah-daerah lain. Sehingga perlu ada pembangunan landmark berada di samping lokasinya dan bisa terintegrasi dengan wisata danau atau sport tourism seperti dayung atau canoe.

“Hal ini akan berdampak panjang untuk masyarakat sekitar, tidak hanya sebagai bentuk penanganan banjir tetapi juga DTW baru dan mendorong UMKM sekitar,” ungkapnya.

Dico menambahkan, berdasar penjelasan BBWS Pamali Juwana bahwa secara umum bendung juga akan mengatasi permasalahan banjir, banjir rob, abrasi, air baku. Dengan demikian jika ada yang dibutuhkan Pemkab mengenai hal tersebut bisa disinergikan dengan program di BBWS. Program-program BBWS yang bisa ditindaklanjuti untuk dikelola oleh Pemkab seperti pengelolaan air baku, destinasi wisata, bantuan sumur bor dan penanganan banjir. “Daerah irigasi yang dapat dilakukan dan segera dikomunikasikan ke provinsi,” imbuhnya. (lid)