Jalan Yos dan Sultan Agung Bakal Diperlebar

by
JALAN WISATA - Ruas Jl Sultan Agung ini merupakan akses jalan wisata menuju kawasan wisata Pantai Sigandu, sehingga upaya pelebaran diharapkan meningkatkan aktivitas kunjungan.

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang berencana memperlebar dua ruas jalan utama di wilayahnya. Pernyataan itu disampaikan Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang, Endro Suryono.

Endro menyebutkan, dua ruas jalan yang akan diperlebar itu, yakni Jalan Sultan Agung dan Jalan Yos Sudarso. “Pekerjaan utamanya adalah pelebaran jalan, dan sebagian ada peningkatan jalan,” ujar Endro, Kamis (14/10/2021).

Dikatakan Endro, pelebaran jalan itu menelan anggaran Rp 4,5 miliar dari dana bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Tengah.

Ia menjelaskan, ruas Jalan Sultan Agung akan diperlebar sekitar dua meter. Adapun lebar ruas Jalan Sultan Agung saat ini adalah enam meter dan nantinya jadi delapan meter.

Sementara itu, panjang ruas Jalan Sultan Agung yang akan diperlebar mencapai 2,88 kilometer. “Jalan Sultan Agung ini merupakan ruas jalan utama menuju kawasan wisata Sigandu dari jalan Pantura,” katanya.

Kemudian, lanjut Endro, untuk ruas jalan Yos Sudarso juga akan diperlebar dari semula 5,5 meter menjadi tujuh meter. Pelebaran ruas Jalan Yos Sudarso itu sepanjang 530 meter, sedang 600 meter ruas jalan lainnya akan ditingkatkan. “Adapun saat ini sudah masuk proses lelang, dan mulai pekerjaan rencananya di 29 Oktober 2021 hingga 29 Desember 2021,” tukasnya. (fel)