Percepat Pariwisata Unggul, Pemkab Gandeng Disdikbud Jateng

by
SINERGI - Untuk menjadikan pariwisata Kendal yang unggul, Bupati Dico M Ganinduto menggandeng Disdikbud Jateng untuk sipakan promosi budaya kekinian.

KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, kembali menegaskan komitmennya untuk menjadikan pariwisata di Kendal unggul dan berdaya saing, sesuai visinya yang ingin mewujudkan Kendal sebagai pusat industri dan pariwisata di Jawa Tengah. Karena itu, Bupati menginginkan adanya promosi budaya melalui event kedaerahan yang inovatif.

Bupati berharap keinginannya itu dapat ditangkap oleh dinas terkait. Melihat kondisi saat ini, seyogyanya kegiatan promosi budaya terkait sejarah, kebudayaan, tradisi dan kesenian Kendal dilaksanakan melalui website, instagram, youtube dinas dan website Sistem Informasi Layanan Promosi Budaya (SILADA) Disdikbud Provinsi Jawa Tengah. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan berupa kegiatan gelar budaya, pentas budaya, pekan budaya, merti desa, fasilitasi penghayat kepercayaan, sosialisasi program kebudayaan, dan karnaval hari jadi.

“Selain itu, pengiriman duta seni ke Kabupaten / Kota lain, pengiriman kegiatan Parade Seni Jawa Tengah, pengiriman kegiatan seni ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan masih banyak lainnya,” katanya, Rabu (13/10/2021).

Dico meminta kegiatan-kegiatan tersebut selanjutnya harus bisa diakomodasi oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata untuk dimasukkan ke kalender kegiatan kepariwisataan yang saat ini juga sedang dilakukan penyusunan untuk terus mempromosikan pariwisata termasuk seni budaya dan tradisi asli Kendal. Potensi budaya dan acara kedaerahan bisa menjadi media promosi yang mendatangkan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Untuk saat ini hal tersebut masih bisa dilakukan sementara persiapan acara-acara tatap muka dalam tahap pematangan dengan menggunakan teknologi informasi. Hal ini bisa menjadi alternatif solusi yang dimanfaatkan untuk promosi budaya,” ungkapnya.