Perluas Segmen BPU, BPJAMSOSTEK Sasar Petani

by
SOSIALISASI - BPJAMSOSTEK melaksanakan sosialisasi program segmen BPU kepada petani di Kabupaten Pekalongan.

KOTA – BPJAMSOSTEK cabang Pekalongan tengah berupaya melakukan perluasan kepesertaan dengan sasaran pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). Salah satu yang kelompok segmen BPU yang dinilai memiliki potensi besar dan memerlukan perlindungan yakni para petani.

Untuk itu, BPJAMSOSTEK menggelar sosialisasi melalui kegiatan bertajuk “Sosialisasi Program BPU bagi Petani se-Kabupaten Pekalongan” yang dilaksanakan secara bertahap dengan peserta dari kelompol tani.

Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Pekalongan, Budi Jatmiko mengatakan, sosialisasi manfaat dan program BPU BPJAMSOSTEK bagi Petani se-Kabupaten Pekalongan akan senantiasa dilakukan secara berkala. ‘Sehingga sampai akhir tahun 2021 ini diharapkan beberapa desa di Kabupaten Pekalongan sudah tercakup sosialisasi dan akan mendapatkan informasi mengenai program BPU dan bisa terlindungi dengan Program BPJAMSOSTEK,” tutur Jatmiko.

Sosialisasi program BPU pada kelompok tani di Kabupaten Pekalongan, salah satunya telah dilaksanakan di Desa Sangkanjoyo, Kecamatan Kajen belum lama ini. Dalam sosialisasi tersebut, hadir sebagai peserta yakni dari satu Gabungan Kelompol Tani (Gapoktan) dengan enam kelompok tani. Total jumlah petani yang tercatat sebanyak 318 orang dan terbagi dalam dua jenis yaitu petani buruh dan petani yang memiliki lahan.

Dalam sosialisasi, ada 50 petani yang hadir. Sebagian besar antusias terhadap program BPJAMSOSTEK yang dipaparkan oleh petugas. Diharapkan, setelah mendapatkan penjelasan tentang program dan manfaat BPJAMSOSTEK maka para petani dapat mendaftarkan diri sebagai peserta agar bisa mendapatkan perlindungan dan ketenangan dalam menjalankan pekerjaan.(nul)