8.828 Warga Miliki Penyakit Gula

by
Sudaryanto.

Oleh karen itu, lanjut dia, karena komorbid bisa memperparah Covid-19 masyarakat diminta jangan malas untuk melakukan deteksi dini PTM. “Kita ke Puskesmas sekarang itu jangan hanya karena sakit. Justru ke Puskesmas itu jangan sampai kita sakit. Itu yang harus dirubah polanya. Di Puskesmas kan bisa tanya-tanya kalau saya tidak ingin kena hipertensi bagaimana ya. Nanti kan diberi penyuluhan-penyuluhan,” ujarnya.

Ke depan, angka penemuan kasus akan ditingkatkan lagi. Karena selama pandemi, tingkat kunjungan ke lapangan berkurang. “Kegiatan kemarin untuk menemukan kasus dengan kegiatan Posbindu, karena kita tidak boleh mengumpulkan banyak orang. Tekad kami ke depan. PR kami ke depan selaku seksi pencegahan penyakit tidak menular di Kabupaten Pekalongan akan berupaya semaksimal mungkin agar kegiatan-kegiatan kami bisa mencapai target,” tandasnya.

Kasus Covid-19 di Kabupaten Pekalongan sendiri saat ini turun drastis. Dari data di laman http://corona.pekalongankab.go.id, kemarin, sudah tidak ada pasien terkonfirmasi yang dirawat di rumah sakit. Hanya ada lima orang yang menjalani isolasi mandiri. Kasus kematian pun sudah nol kasus. Meski demikian, masyarakat diminta tidak lengah dengan tetap mematuhi prokes. Agar lonjakan kasus tidak terjadi lagi. (had)