Kuota 221 PPPK Guru Telah Terpenuhi.

by
Arinal Helmi Setiawan, Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Batang

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang memastikan sebanyak 221 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kabupaten Batang sudah terisi.

Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang, Arinal Helmi Setiawan mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran, total ada 1.547 pelamar, mereka merupakan para guru honorer di sekolah negeri lingkup Kabupaten Batang.

Adapun, kata dia, pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap satu itu sudah dilakukan pada Jumat (8/10/2021). “Setelah kami rekap data dari Kemendikbud Ristekdikti, 221 kuota PPPK di Kabupaten Batang terisi. Sementara 17 formasi lain masih kosong, satu formasi belum bisa kami identifikasi apakah kuotanya terisi atau tidak,” ujar Arinal Helmi Setiawan, Senin (11/10/2021).

Kabupaten Batang sendiri membuka 239 formasi PPPK guru. Ia menjelaskan bahwa formasi yang belum terisi diakibatkan beberapa faktor. Seperti tidak terpenuhinya passing grade 320 poin, tak ada peminat, dan poin tambahan afirmasi.

Ia sempat membuat sampel dari data 1.227 peserta. Hanya 109 orang yang lolos passing grade sebelum afirmasi. Angka kelulusan tersebut terbilang rendah, dengan persentase cuma 8,8 persen.