Stok Vaksin Menipis

by
VAKSINASI - Pemkot Pekalongan bersama Forkopimda, Polri, dan TNI terus melakukan percepatan vaksinasi ke masyarakat melalui beebagai sentra vaksinasi, salah satunya di gerai vaksinasi Mapolsek Pekalongan Selatan, baru-baru ini.

**Diperkirakan Hanya Cukup untuk Empat Hari

KOTA – Stok vaksin Covid-19 di Kota Pekalongan saat ini mulai menipis. Data Kementerian Kesehatan di laman vaksin.kemkes.go.id, stok vaksin di Kota Pekalongan per Senin (11/10/2021) hanya tersisa 9.149 dosis.

Dengan sisa stok sejumlah itu, diperkirakan hanya cukup untuk melaksanakan vaksinasi hingga empat hari ke depan. Hal ini diperhitungkan berdasar rerata pelaksanaan vaksinasi minggu lalu yang mencapai sekitar 2.000 dosis per hari.

Adapun secara total, Kota Pekalongan telah menerima vaksin sebanyak 237.420 dosis, dan telah terpakai sebanyak 228.271 dosis.

Menipisnya ketersediaan vaksin Covid-19 ini, diakui pula oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, dr Slamet Budiyanto SKM MKes. “Iya benar, Mas. Stoknya mulai menipis. Kami juga sudah meminta tambahan stok ke provinsi,” kata Slamet Budiyanto saat dikonfirmasi, Senin (11/10/2021) siang.

Jika tidak segera mendapat tambahan stok vaksin, upaya Pemkot Pekalongan untuk mengejar target cakupan vaksinasi Covid-19, terutama untuk kelompok lansia, akan terhambat.

Sementara, saat ini Pemkot Pekalongan tengah berupaya menggenjot cakupan vaksinasi untuk warganya, agar segera mencapai target.

Dinas Kesehatan setempat mencatat, secara total cakupan vaksinasi dosis 1 sampai Senin (11/10/2021) siang baru mencapai 57,01%, dengan jumlah warga yang sudah divaksin sebanyak 135.907 orang. Sedangkan vaksinasi dosis 1 untuk lansia baru mencapai 34,75%, dengan jumlah lansia yang sudah divaksin sebanyak 8.468 orang.