Jika Diperlukan, Pemkot Siapkan Sistem Door To Door Vaksinasi Lansia

by
VAKSINASI - Pemkot Pekalongan terus berupaya mempercepat vaksinasi untuk lansia dalam rangka menurunkan level PPKM di Kota Pekalongan.

KOTA – Pemkot Pekalongan siap jemput bola secara door to door untuk memberikan layanan vaksinasi kepada lansia. Langkah itu disiapkan sebagai upaya terakhir jika cakupan vaksinasi lansia belum dapat mencapai target minimal yang sudah ditetapkan untuk menjaga level PPKM.

“Pak Kapolres dan Pak Dandim sudah menginformasikan bahwa mereka meminta data kependudukan. Bila perlu anggota-anggota mereka siap untuk door to door sebagai langkah terakhir yang akan kita lakukan untuk menggenjot vaksinasi lansia ini,” tegas Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid, kemarin.

Saat ini dikatakan Wali Kota, Pemkot Pekalongan bersama Forkopimda gencar melakukan serbuan vaksinasi khususnya yang menyasar para lansia. Sebab kelompok lansia ini menjadi salah satu kelompok yang rentan tertular Covid-19. Dengan vaksinasi, diharapkan bisa mengurangi gejala parah bagi mereka apabila terpapar Covid-19.

Aaf, sapaan Wali Kota meminta agar masyarakat yang memiliki anggota keluarga atau kerabat yang sudah lansia untuk tidak khawatir mengikuti program vaksinasi. Pasalnya, vaksinasi sudah terbukti aman dan halal. Hingga saat ini belum ada kasus di Kota Pekalongan terhadap lansi yang mengalami permasalahan kesehatan yang serius pasca dilakukan vaksinasi.

“Memang gejolak yang ada di masyarakat ini macam-macam, ada lansianya sendiri memang kurang mantap atau takut divaksin, ada juga yang anggota keluarganya merasa khawatir jika ada efek samping pada lansia yang diberikan vaksin. Jadi mari kita genjot vaksin terutama untuk lansia agar tidak naik level lagi. Jika naik level lagi, otomatis aturan-aturan yang sudah berlaku sekarang harus kita perketat lagi baik tracing maupun pembatasan-pembatasan sesuai aturan yang ada di kebijakan PPKM,” jelasnya.