Inovatif, Kalipucang Wetan Hadirkan Aplikasi Administrasi Desa

by
LAUNCHING - Bupati Wihaji saat hadir dan melaunching aplikasi Warta Kalipucang Wetan (WKW), Jumat (8/10/2021).

BATANG – Guna mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi desa, Pemerintahan Desa Kalipucang Wetan menghadirkan inovasi baru dengan membuat aplikasi Warta Kalipucang Wetan (WKW).

“Warga bisa mengurus berbagai surat, mulai dari surat keterangan domisili, surat pengantar SIM, KTP, KK, pengantar SKCK dan lain sebagainya. Jadi warga tinggal klik untuk mengurus semua administrasi,” ujar Kepala Desa Kalipucang Wetan, Mundakir usai acara launching aplikasi itu, Jumat (8/10/2021).

Tidak hanya itu, lanjutnya, dalam aplikasi itu juga ada daftar UMKM desa. Para pelaku UMKM bisa memasarkan produknya melalui aplikasi itu. “Para pelaku UMKM, bisa memasukkan data dagangannya secara mandiri. Para pembeli bisa melihat profil UMKM lengkap dengan alamat serta kontak ada di aplikasi itu,” terangnya.

Dijelaskan Mundakir, bahwa aplikasi itu bisa didapatkan di playstore dengan nama WKW. Warga bisa langsung mengunduh dari playstore itu. Mundakir menyebut pengembangan aplikasi WKW itu menggunakan anggaran Dana Desa sebesar Rp 25 juta. Aplikasi itu masih terus dikembangkan dan diperbaiki. “Warga juga bisa mengetahui penggunaan Dana Desa melalui aplikasi itu,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Batang, Wihaji mengapresiasi aplikasi yang membuktikan bahwa Kalipucang Wetan termasuk smart village. Ia ingin aplikasi WKW itu menjadi contoh untuk desa lain di Kabupaten Batang. “Ini berarti teknologi untuk menjawab problem masyarakat, dan bukan menjadi masalah baru,” ujarnya.