Target Harian Vaksinasi Diturunkan

by
KETERANGAN - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal, Ferinando RAD Bonay berikan keterangan capaian vaksinasi di Kabupaten Kendal.

*Realisasi di Kendal Sudah 60%

KENDAL – Ketersediaan vaksin Covid-19 di Kabupaten Kendal kini masih sebanyak 275.277 dosis. Adapun jumlah yang divaksin sebanyak 480.000 orang atau 60 persen dari jumlah penduduk yang menjadi sasaran vaksinasi. Dengan jumlah itu menjadikan sasaran vaksinasi semakin sedikit.

“Kami tetap berupaya meskipun capainya tidak lagi seperti rencana semula dengan target 26.000 per hari. Masyarakat/sasaran vaksinasi semakin berkurang. Saat ini sudah menurun di angka 11.000-13.000 atau bahkan 8.000 per harinya,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal, Ferinando RAD Bonay, saat ditemui di kantornya, Kamis (7/10/2021).

Ferinando mengungkapkan, bahwa berkurangnya masyarakat atau sasaran vaksinasi karena 70 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Kendal ada yang berada di luar daerah. Seperti bekerja di luar negeri dan bekerje di luar daerah. “Namun mereka masih masuk dalam target hitungan sasaran vaksinasi,” ungkapnya.

Selain itu, masih ada juga masyarakat yang menjadi sasaran vaksinasi tidak mau divaksin. begitu juga ada dari masyarakat yang enggan divaksin dengan menggunakan vaksin sinovac, dan lebih memilih vaksin moderna, pfizer atau astrazeneca. Sehingga pada saat pelaksanaan vaksinasi dengan vaksin sinovac mereka tidak datang.

“Ada beberapa oarang juga yang tanya ke kami, pak, kami belum divaksin tapi yang moderna. Ada juga yang inginnya di vaksin pfizer. Alasanya kalau pakai vaksin itu bisa di terima di luar negeri. Itu anggapan mereka,” jelas Ferinando.