Sediakan Layanan Rehab Inap, BNNK Gandeng BRSKP

by
KERJASAMA - Kepala BNNK Batang bersama Kepala BRSKP usai melakukan penandatanganan kerjasama di Aula BRSKP Napza Satria Baturraden, Kabupaten Banyumas, Rabu (29/9/2021).

BATANG – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batang melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Balai Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan (BRSKP) Napza Satria Baturraden, Kabupaten Banyumas.

Kepala BNNK Batang, Khrisna Anggara mengatakan, bahwa kerjasama yang dilakukan itu berkaitan dengan penyediaan tempat rujukan bagi BNNK Batang dalam hal layanan rehabilitasi rawat inap, baik bagi penyalahguna Narkoba yang melapor secara sukarela ataupun yang tersangkut kasus hukum, dengan catatan telah memiliki putusan hakim yang tetap (inkracht).

“Perjanjian kerjasama ini akan berlaku selama tiga tahun ke depan. Namun sebenarnya, ini merupakan perpanjangan dari perjanjian sebelumnya, yang akan berakhir pada bulan Desember 2021 ini,” ujar Khrisna, belum lama ini.

Khrisna mengakui akan keterbatasan BNNK Batang dalam penyediaan tempat rehabilitasi untuk rawat inap. Oleh karena itu, pihaknya berharap dapat terus meningkatkan kerjasama dengan BRSKP Napza Satria Baturraden.

“Ya, di Kabupaten Batang saat ini belum memiliki tempat rehabilitasi untuk rawat inap. Namun demikian, kami memiliki komitmen yang sama. Semoga kerjasama ini menjadi kesempatan untuk menyelamatkan saudara-saudara kita para penyalahguna Narkoba, terutama untuk mendapatkan akses rawat inap,” ujar dia.

Kepala BRSKP Napza Satria Baturraden, Darmanto menyampaikan, bahwa layanan rehabilitasi sosial bagi penyalahguna Narkoba ditempatnya ini baru berjalan tiga tahun lamanya, setelah sebelumnya jenis layanan memfokuskan pada anak-anak bermasalah. “Kami berupaya untuk terus belajar dan meningkatkan layanan, mengingat setiap klien memiliki latar belakang dan keluarga yang berbeda,” tukasnya. (fel)