Dibangun Masa Belanda, Pernah jadi RS Kusta sampai Pusat Gerwani

by
INSPEKTUR - Bupati Kendal Dico M Ganinduto jadi Inspektur upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar Pemkab di Lapas Pemuda Plantungan.

**Melihat Lapas Pemuda Plentungan, Tempat Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Upacara sendiri dipimpin langsung Bupati Kendal selaku Inspektur Upacara. Selain ASN, TNI dan Polri, upacara juga diikuti sejumlah pegawai lapas dan warga binaan Lapas Pemuda.

BUKAN tanpa alasan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal memilih Lapas Pemuda Plentungan sebagai tempat pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila. Sebab bangunan tersebut, terutama di bagian belakang, juga pernah merekam rangkaian peristiwa dari pemberontakan PKI atau dikenal Gerakan 30 September 1965 (G30S PKI).

Usai meninjau bangunan belakang lapas, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto pun membenarkan bahwa dipilihnya lokasi upacara di kawasan Lapas Pemuda Plantungan, karena tempat tersebut pernah menjadi saksi sejarah terkait peristiwa G 30 S PKI, yakni sebagai tempat penahanan para aktivis Gerakan Wanita Indonesia atau Gerwani, salah satu organisasi sayap milik PKI.

“Sebelum menjadi Lapas, dulu bangunannya pernah dijadikan tempat untuk menahan Gerwani sebagai tahanan politik, maka kami upacara di sini supaya tidak melupakan sejarah yang ada di Kabupaten Kendal,” katanya.

Bupati berharap, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momen untuk tidak melupakan sejarah, sehingga ke depan tidak ada lagi yang ingin mengubah ideologi Pancasila.