Bangun Kreativitas Literasi Lewat Media Booktube

oleh -
TUNJUKKAN - Siswa SMPN 3 Batang saat menunjukkan penggunaan Booktube.

Batang – Sejumlah pelajar SMPN 3 Batang memanfaatkan media Booktube untuk menjabarkan isi sebuah buku secara visual. Ide tersebut tercetus dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Santi Pratiwi Tri Utami, dosen Bahasa Indonesia dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) bersama tim pengabdi yang telah melakukan penelitian tentang budaya literasi.

Dari hasil penelitiannya, masih terjadi disliterasi di tengah masyarakat. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pengembangan, agar persepsi masyarakat tidak terpusat pada membaca sebuah buku untuk diri sendiri saja.

“Kreativitas yang mulai dibangun yakni dengan media Booktube. Di dalamnya kita berusaha untuk mereview buku melalui media YouTube,” kata Eva Rofiqoh, salah satu guru Bahasa Indonesia yang juga murid dari Santi Pratiwi.

Dijelaskannya, ketika membaca buku secara manual isinya hanya dipahami untuk diri sendiri. Tetapi ketika membaca lalu mengungkapkan isi dari buku itu melalui media BookTtube, tentu pengalaman membacanya lebih melekat dan bermanfaat bagi setiap orang yang melihat Booktube.

“Literasinya biar sampai mendarah daging, dengan mengupas isi suatu buku, hingga bermakna bagi diri sendiri dan mampu membuat sebuah keputusan mana yang patut ditiru dan yang tidak,” jelasnya.