Jangan Sampai Pembahasan RAPBD 2022 Molor

by
SERAHKAN - Bupati Kendal Dico M Ganinduto serahkan buku Raperda tentang Rancangan APBD tahun anggaran 2022 kepada Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun .

*Bisa Hambat Dana Perimbangan

KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, meminta pembahasan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2022 tidak sampai mengalami keterlambatan. Pasalnya, jika sampai terlambat ditetapkan, maka hal itu bisa menghambat penyaluran dana perimbangan dari pusat.

Hal itu disampaikan Bupati saat menyampaikan Nota Keuangan RAPBD TA 2022 melalui Rapat Paripurna DPRD, Kamis (30/9/2021). “Berdasarkan RPJMD Kabupaten Kendal Tahun 2021-2026, arah kebijakan tahun 2022 adalah Kendal Recovery, yang menitikberatkan pada pembangunan seluruh aspek guna terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kendal, diwujudkan melalui beberapa kebijakan,” katanya.

Kebijakan dimaksud mencakup pemerataan dan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, peningkatan akses, mutu dan kualitas pelayanan kesehatan yang murah dan terjangkau. Selain itu pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis potensi daerah, peningkatan kualitas pelayanan investasi daerah dan penciptaan lapangan kerja dalam rangka penurunan tingkat pengangguran dan penurunan tingkat kemiskinan. Tak kalah enting, perbaikan tata kelola pemerintahan yang didukung oleh pengembangan SDM dan aparatur pemerintah yang profesional serta kelembagaan pemerintah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel. “Kebijakan lainya peningkatan dan pemerataan infrastruktur dan peningkatan ekspor produk unggulan daerah,” ungkap Dico.

Dico menyatakan, kebijakan tersebut tentu akan lebih produktif manakala komitmen para stakeholder yang telah kita bangun selama ini ikut mengawal demi terlaksananya implementasi kebijakan program-program pemerintah yang telah direncanakan pada tahun 2022 nanti. Ia mengajak untuk secara bersama-sama berusaha mengambil langkah-langkah strategis secara tepat, terarah dan konkrit dengan melakukan optimalisasi penerimaan sumber daya yang dimiliki.