Radar Kajen

PKS Lolos Verifikasi Faktual

PKS Verifikasi Faktual

TUNJUKAN- Sekretaris DPD PKS bersama anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Cahrodi Siman menunjukan KTP dan KTA usai verifikasi.
TRIYONO

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dinyatakan lolos verifikasi faktual tingkat kepengurusan daerah (DPD) oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pekalongan. PKS memenuhi syarat (MS) untuk tiga komponen yang diverifikasi faktual di tingkat daerah, yaitu kepengurusan inti dengan keterwakilan 30 persen perempuan, domisili kantor, serta keanggotaan partai.

Verifikasi diikuti Panwas Kabupaten Pekalongan Anis dan Komisionaris KPUD Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal.

Ketua umum, sekretaris, dan bendahara (KSB) sesuai dengan Surat Keputusan DPW PKS No.085/D/SKEP/AK-PKS/V/1437 Tahun 2016 yang diunggah dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

KSB hadir saat verifikasi faktual dilakukan dan dapat menunjukkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) serta Kartu Tanda Anggota (KTA), yakni Riska Yulianto, M. Rosyid Ridho, dan Ahmad Santoso.

“Ketua umum, Sekretaris, dan Bendahara ketiganya sudah kami periksa KTP dan KTA. Oleh karena itu, kami nyatakan memenuhi syarat,” kata Abi Rizal.

Sementara itu untuk komponen domisili kantor, PKS juga dinyatakan memenuhi syarat di tingkat DPD. Sebab, kantor yang dikunjungi tim verifikator KPU sesuai dengan yang dilaporkan dan diunggah dalam Sipol, yaitu di Desa Legokkalong Kecamatan Karanganyar.

Sedangkan pada komponen keterpihakan perempuan, PKS dinyatakan memenuhi syarat. Jumlah pengurus di tingkat daerah dalam SK DPW tersebut diatas tercatat sebanyak 16 nama, dimana 6 nama diantaranya adalah perempuan.

Untuk syarat minimum keterpihakan perempuan adalah 30 persen, atau 5 orang dari 16 pengurus.

“Tadi hadir 5 pengurus perempuan, maka kami yakin bahwa PKS Kabupaten Pekalongan memenuhi syarat,” ucap Ketua DPD PKS, Riska Yulianto.

Selain kepengurusan inti, hadir juga 50 anggota PKS Kabupaten Pekalongan yang diverifikasi oleh KPUD dan semuanya dinyatakan memenuhi syarat oleh team verifikasi KPUD Kabupaten Pekalongan.

Juga 2 anggota yang harus diverifikasi dengan Video Call karena sakit sehingga tidak bisa hadir, dinyatakan memenuhi syarat.

Berita acara akan diserahkan tanggal 2 Februari 2018 serentak semua partai politik oleh KPUD Kabupaten Pekalongan. (yon)

Penulis: Triyono & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments