Populasi Ikan Terus Menyusut

by -
TEBAR BENIH - Bupati Dico M Ganinduto didampingi Plt Kepala DKP Hudi Sambodo melakukan restocking atau penebaran ikan di embung Desa Rowobranten, Kecamatan Ringinarum.

*Pemkab Tebar 117 Ribu Benih Ikan

KENDAL – Dengan sumber daya air melimpah, Kabupaten Kendal justru terus mengalami penurunan stok ikan di perairan karena eksploitasi berlebihan. Karena itu, Pemkab Kendal melakukan restockong benih ikan untuk memulihkan ekosistem akuatik sekaligus ketahanan pangan.

“Selain di perairan umum, ikan juga ditebar di embung. Ini salah satu upaya untuk mengendelikan ketahanan pangan dari sektor perairan yang saat ini sudah berkurang. Dan sekaligus penting kembalikan fungsi ekosistemnya,” kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, saat melakukan penebaran berbagai benih ikan di Embung Desa Rowobranten, Kecamatan Ringinarum, Rabu (29/9/2021).

Dico mengungkapkan, embung berperan penting dalam mengendalikan banjir, dan dapat dimanfaatkan untuk ketahanan pangan serta sumber pengairan bagi lahan pertanian. Bupati berharap program satu desa satu embung bisa terwujud di Kendal untuk menjaga kelestarian sumber daya air. “Ini adalah salah satu yang bersama kita upayakan agar harapanya dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Restocking benih ikan akan terus dilakukan di embung-embung di Kendal. Bupati meminta ada edukasi ke masyarakat agar menghindari penangkapan ikan dengan racun atau strum. “Sehingga ikan bisa tumbuh dengan baik dan terjaga kelestariannya,” terangnya.

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal, Hudi Sambodo mengatakan, restoking bibit ikan di perairan umum dan embung dilakukan tanggal 29 dan 30 September 2021, dengan benih jenis ikan nila dan ikan tawes sebanyak 117.000 ekor. Ini menjadi salah satu upaya penambahan stok ikan di perairan umum.