Pandemi, Puluhan Desa Tak Miliki Kades

by
Agung Wisnu Barata, Kepala Dispermades Batang

*Pemerintah Pusat Belum Izinkan Pilkades

BATANG – Pandemi Covid-19 yang masih mewabah, mengakibatkan puluhan desa di Kabupaten Batang tidak mempunyai kepala desa. Pasalnya, hingga tahun depan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak belum mendapatkan izin dari pemerintah pusat, Selasa (28/09).

Masih mewabahnya Virus Corona, berdampak luas, selain sektor perekonomian dibuat lesu akibat penerapan PPKM, juga memaksa menunda kegiatan pesta demokrasi tingkat bawah, yakni pemilihan kepala desa.

Sampai dengan tahun depan, puluhan desa di Kabupaten Batang terancam tidak memiliki kepala desa definitif, karena Pilkades serentak yang direncanakan akan digelar pada tahun depan terancam tidak bisa terlaksana akibat pandemi Covid-19.

Sebagaimana dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Batang, Agung Wisnu Barata. Ia mengatakan, bahwa tahun ini saja terdapat enam desa yang kepala desanya sudah purna tugas, dan mengakibatkan jabatan Kades kosong.

Sementara jabatan kepala desa tahun 2022 setidaknya ada 33 desa yang bakal mengalami kekosongan jabatan orang nomor satu di desa. “Sesuai dengan surat edaran dari Kemendagri, untuk kegiatan Pilkades serentak baik penjabat antarwaktu (PAW) maupun serentak sementara ditunda lantaran Pandemi Covid-19, sampai waktu yang belum ditentukan,” jelasnya.

Untuk mengisi kekosongan, untuk sementara akan dipegang oleh Penjabat (Pj) Kepala Desa yang berasal dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kecamatan yang ditunjuk langsung oleh pejabat terkait. (fel)