Peserta CPNS Positif Covid-19, Tes Dijadwal Ulang

by
PROKES KETAT - Peserta tes CPNS harus menerapkan prokes ketat sebelum menjalani ujian.

KOTA – Sejak dimulainya tahapan seleksi CPNS di lingkup Pemerintah Kota Pekalongan, beberapa peserta tes yang terpapar Covid-19 maupun tengah isolasi mandiri tertunda mengikuti proses seleksi sesuai jadwal yang ditentukan. Untuk peserta dengan kondisi demikian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih memberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi dengan menjadwalkan tes ulang.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Regional (Kanreg) BKN 1 Yogyakarta, Dra Anjaswari Dewi saat mendampingi Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid dalam melakukan pemantauan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Pemkot Pekalongan di titik lokasi (tilok) Udinus Semarang.

Menurut Anjaswari, pelamar CPNS yang tertunda mengikuti tes SKD CPNS akibat terpapar Covid-19, maka akan direschedule ulang jadwal tesnya yakni biasanya di sesi paling akhir dari titik lokasi pelaksanaan CPNS masing-masing instansi.

Seperti diketahui, BKN mewajibkan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 untuk menunjukkan hasil negatif COVID-19. Ada dua metode yang bisa ditempuh, yakni menggunakan tes swab PCR dengan masa berlaku 2×24 jam sebelum ujian, atau rapid test antigen dengan masa berlaku 1×24 jam sebelum ujian.

“Kalau pelamar CPNS yang tertunda tesnya akibat terpapar Covid-19 maupun tengah menjalani isolasi mandiri, maka kami akan menjadwalkan ulang pelaksanaan tesnya, biasanya di sesi paling akhir dari titik lokasi. Misalnya di UDINUS atau di titik lokasi BKN ataupun Kanreg BKN,” tutur Anjaswari.