KPU Ajukan Anggaran Dua Kali Lipat

by
Abi Rizal

*Ajukan Rp 71 M untuk Pemilu 2024

KAJEN – KPU Kabupaten Pekalongan mengajukan anggaran sebesar Rp 71 miliar lebih untuk Pemilu 2024. Anggaran yang diajukan ini dua kali lipat dibandingkan anggaran Pemilu 2019 yang sebesar Rp 31 miliar.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal, Jumat (24/9/2021), mengatakan, anggaran Pemilu 2024 naik dua kali lipat karena beberapa alasan. Pertama, kata dia, pada Pemilu 2024 masih menerapkan standar Covid-19. Ini sesuai dengan Surat KPU Nomor 442. Alasan kedua adalah penyesuaian honor badan adhoc atau penyelenggara Pemilu. “Dulu honornya belum sesuai. Kita sekarang mengajukan sesuai dengan indeks Kementerian Keuangan RI,” terang dia.

Dikatakan, anggaran itu alokasi terbesar untuk honor badan adhoc atau penyelenggara Pemilu. Itu hampir 57 persen untuk honor penyelenggara. “Ada Rp 48 miliar untuk honor penyelenggara,” kata Abi.

KPU, lanjut dia, menyampaikan ke pemda supaya dibuatkan dana cadangan, atau setting anggaran di tiap tahun anggaran supaya nanti tidak memberatkan APBD jika dianggarkan di satu kali anggaran.

“Kemarin kita menyampaikan supaya pemda membuat perda dana cadangan, supaya dana pemilihan itu tidak dalam satu tahun anggaran. Itu sesuai dengan Permendagri 54 Tahun 2019,” katanya.

Disinggung kapan tahapan Pemilu 2024 dimulai, Abi mengatakan, Pemilu 2024 tahapannnya KPU RI yang akan melaunching. “Jadi sampai hari ini masih draft belum diputuskan karena harinya dari Mendagri masih belum setuju kalau misalkan di bulan Februari. Ini masih disingkronkan kembali kira-kira nanti bulannya apa, nanti baru ada tahapan,” terang dia.