Kasus Melandai, ICU Covid Hanya Terisi 1 Orang

oleh -
SUDAH KOSONG - Nakes RSUD Bendan menunjukkan salah satu ruang isolasi khusus Covid-19 di RSUD Bendan yang sudah kosong, Senin (20/9/2021).

*) Masyarakat Diminta Tetap Disiplin Prokes

KOTA – Seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di Kota Pekalongan, Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur khusus pasien Covid-19 di RSUD Bendan Kota Pekalongan semakin menurun.

Ditektur RSUD Bendan, dr Junaedi Wibawa, mengungkapkan, per Senin (20/9/2021) ICU khusus Covid di RSUD Bendan hanya terisi satu orang. “BOR untuk Covid, hari ini cuma ada satu pasien, dari 61 tempat tidur khusus Covid yang sudah kita siapkan. Satu orang ini masuk ICU, artinya dia gejala berat, dan dia bukan merupakan warga Kota Pekalongan,” kata dr Junaedi, Senin (20/9/2021).

Sementara, imbuh dr Junaedi, BOR untuk pasien-pasien non-Covid sudah mendekati 40%. “Pada saat kemarin puncak-puncaknya kasus Covid-19), hanya sekitar 20 sampai 25 persen. Saat ini sudah meningkat kembali,” imbuhnya.

Berdasar data di Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) RS, jumlah pasien Covid-19 yang ada di RSUD Bendan per Senin (20/9/2021) pukul 08.30 tercatat ada empat orang. Rinciannya, tiga orang di IGD khusus Covid, dan satu lainnya di ruang ICU Tekanan Negatif dengan Ventilator.

Jumlah pasien Covid-19 tersebut jauh lebih sedikit jika dibandingkan kondisi pada bulan Juni-Juli lalu. Saat itu, angka BOR khusus Covid sampai di atas 100%. Semua ruang IGD, ICU, maupun kamar perawatan khusus Covid-19 di RSUD Bendan terisi pasien. Bahkan sampai terdapat antrean di IGD.