Harus PD, CPNS Diminta Tak Tergiur Angin Surga

by
MEMBUKA - Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki membuka Seleksi CPNS dan seleksi PPPK non guru untuk kebutuhan di wilayah Kabupaten Kendal yang digelar di Semarang.

KENDAL – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) non guru untuk kebutuhan di wilayah Kabupaten Kendal, digelar selama empat hari di Hotel UTC Semarang. Seleksi tersebut menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan dibuka oleh Wakil Bupati Kendal, Senin (20/9/2021). Hari pertama seleksi dawali dengan Tes Kompetensi Dasar (SKD).

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengatakan, tes ini bersifat mutlak dan sangat terbuka. Bahkan hasilnya bisa langsung dilihat. Tes SKD yang menggunakan CAT ini sudah sangat baik. Semoga dapat berjalan dengan lancar siapapun yang lolos bisa menjadi PNS dengan kompetensi terbaik. “Serta memiliki loyalitasi tinggi,” katanya.

Wabup berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti tes SKD untuk percaya diri dengan kemampuan dan tidak terpengaruh dengan tawaran dari luar. Setiap peserta harus patuh dengan protokol kesehatan jaga diri masing-masing dengan menggunakan masker. “Pede saja, jangan tergiur angin surga yang tak jelas,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kendal, Cicik Sulastri mengatakan, pelaksanaan selama empat hari tes terdiri dari tes CPNS tiga hari dan satu hari terakhir merupakan tes bagi PPPK. “Dalam sehari kita melaksanakan tiga sesi atau perhari yang melaksanakan tes adalah 1.050. Untuk hari ke empat pelaksanaan bagi PPPK,” katanya.

Berdasarkan Peraturan Menpan RB nomor 422 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan ASN, Kebutuhan ASN dan PPPK TA 2021 Kendal ditetapkan sebanyak 3.275 formasi yang terdiri dari tenaga pendidikan 2.611 formasi khusus PPPK, tenaga kesehatan 543 formasi ASN dan PPPK, serta tenaga teknis 121 formasi ASN dan PPPK.

“Pelamar yang masuk pada BKPP Kendal mencapai 5.750 pelamar dan yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 3.631 pelamar,” tukasnya.(lid)