Kurangi Sampah, Masyarakat Diedukasi Cara Pilah Sampah

oleh -
BERSIH-BERSIH - Warga Dukuh Suluh Karangasem Utara saat bebersih kampung dalam rangka peringatan WCD, Minggu (19/9/2021).

BATANG – Permasalahan sampah harus didukung semua lini, tak terkecuali dari sektor rumah tangga. Oleh karenanya, ratusan warga Gang Kepiting, Dukuh Sulur, RT 4/ RW 5, Kelurahan Karangasem Utara, kecamatan/Kabupaten Batang, melakukan kegiatan pilah sampah serentak, Minggu (19/9/2021). Tak sekadar pilah sampah, kali ini warga juga melaksanakan bersih desa dan aneka kegiatan lainnya.

“Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka World Cleanup Day (Hari Bersih-bersih Dunia). Tujuan kami adalah mengedukasi warga untuk tidak membuang sampah sembarangan melalui aksi clean up sampah dan pilah sampah dari rumah,” kata Ketua RT 04, Andi Triantoro.

Total ada 176 KK yang mengikuti kegiatan WCD kali ini. Di mana rata-rata tiap KK mampu memilah dan membersihkan sampah sekitar tiga hingga lima kantong sampah. Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat mengubah mindset warga tentang pengolahan sampah. Tidak hanya di tingkat rumah tangga, proses pemilihan sampah juga berlaku hingga tempat pembuangan sementara (TPS). Ada sisi sampah organik dan sampah anorganik.

“Dalam keseharian warga sudah mulai menerapkan pilah sampah. Hanya saja memang perlu diperingati setahun sekali untuk mengingatkan pada warga bahaya sampah jika tidak dikelola dengan baik,” pungkasnya.

Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan B3, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batang, Sugiarto mengapresiasi kegiatan warga Gang Kepiting tersebut. Ia meyakini bahwa warga kampung lain bisa mencontoh gang kepiting.

“Memang yang perlu diubah adalah mindset masyarakat agar tidak sembarangan membuang sampah. Tapi tidak hanya dipilah saja, kami harap masyarakat juga bisa me-recycle, mendaur ulang,” imbuhnya. (nov)