Perempuan Batang Diajak Berdaya dan Inovatif

by
PENILAIAN - Penilaian Lomba Inovasi Pemberdayaan Perempuan Kecamatan Batang yang dipakai di Kebanyon Kelurahan Kasepuhan.

BATANG – Kecamatan Batang mendukung kaum perempuan untuk lebih berdaya dan inovatif. Hal ini salah satunya dilakukan dengan menggelar Lomba Inovasi Pemberdayaan Perempuan. Pihak Kecamatan Batang pun telah melakukan penilaian ke beberapa desa dan kelurahan yang mengikuti lomba.

“Untuk jumlah peserta ada 17 dari dua desa dan enam kelurahan. Lomba ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan penghargaan dalam bentuk dana stimulan kepada masyarakat desa khususnya kelompok perempuan yang berhasil melakukan inovasi yang nantinya dapat dikelola dengan baik,” jelas Camat Batang, Siti Ghoniyah, Rabu (15/9/2021).

Nantinya perwakilan dari Kecamatan Batang juga akan maju ke tingkat kabupaten. Pihaknya berharap perwakilan Kecamatan Batang dapat meraih juara tingkat kabupaten.

Ketua RT 08 RW 04 Kelurahan Kasepuhan, Slamet Bejo menjelaskan, pihaknya sendiri membentuk konsep Kampung Ceria untuk maju dalam lomba kali ini. Kampung ceria ini berawal dari lomba rumah ceria dalam rangka HUT Kemerdekaan RI KE 76 Tingkat RT. Di mana tiap rumah diberikan kebebasan berekspresi. Kemudian Kampung Ceria mengikuti lomba inovasi perencanaan peningkatan ekonomi Desa/ Kelurahan Berbasis Pemberdayaan Perempuan Tingkat Kabupaten Batang.

“Tak hanya menunjukkan ekspresi warga dalam warna-warni dan semarak kampung. Di sini juga digencarkan program pengolahan sampah oleh ibu-ibu PKK. Di mana sampah dipilah dan diolah sehingga dapat menjadi barang yang lebih bermanfaat. Selain itu juga masih ada beberapa program pemberdayaan lainnya, ” pungkasnya. (nov)