Pegawai Lapas Simulasikan Penanganan Kebakaran dan Bencana

by
SIMULASI - Pegawai Lapas Pekalongan saat melakukan simulasi dan latihan pemadaman kebakaran di lapas setempat, Kamis (16/9/2021).

KOTA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekalongan bekerja sama dengan BPBD dan Satpol PP Kota Pekalongan menggelar pelatihan penanggulangan bencana banjir dan kebakaran bagi para pegawai Lapas setempat, Kamis (16/9/2021).

Dalam pelatihan yang digelar di Lapas Pekalongan ini, para pegawai Lapas dibekali ilmu dan keterampilan dalam mengantisipasi bencana diantaranya pencegahan kebencanaan dini, evakuasi ke tempat yang lebih aman, pengoperasian sarana dan prasana proteksi kebencanaan, dan sebagainya.

Pelatihan dibuka oleh Kalapas Pekalongan Agus Heryanto, dihadiri pula Kalakhar BPBD Kota Pekalongan Saminta dan Kasi Damkar Satpol PP Kota Pekalongan Heri W. Kegiatan ini diisi pula dengan simulasi ketika terjadi bencana banjir, bencana gempa bumi, dan kebakaran.

Kalapas Pekalongan Agus Heryanto menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan sigap dalam meminimalisir dampak bencana seperti akibat banjir, kebakaran, dan gempa bumi, apabila sewaktu-waktu terjadi bencana tersebut. Terlebih, kondisi disekitar Lapas Pekalongan kerap terdampak banjir maupun rob.

“Kegiatan kali ini tengah difokuskan pada pembinaan mental dan fisik bagi seluruh pegawai Lapas Pekalongan untuk mengantisipasi dampak bencana banjir dan kebakaran. Pelatihan kebencanaan ini sangat diperlukan untuk mempersiapkan SDM yang memiliki pemahaman dan kemampuan mendeteksi dini dan mampu mempersiapkan segala sesuatunya jika terjadi bencana,” kata Kalapas.