Persoalan Sampah PR Kota Santri

by
BANTUAN - Bupati Fadia Arafiq menyerahkan bantuan kendaraan roda 3 pengangkut sampah, kemarin.

KEDUNGWUNI – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq secara simbolis menyerahkan bantuan kendaraan roda tiga pengangkut sampah kepada para penerima bantuan, Kamis (16/9/2021), di Kedungwuni. Bantuan kendaraan roda 3 pengangkut sampah merupakan wujud peran serta pemerintah untuk mendukung pelaksanaan pengelolaan sampah berbasis masyarakat dalam upaya untuk mengatasi permasalahan sampah, terutama di wilayah permukiman.

Bupati Fadia memastikan bahwa persoalan sampah menjadi perhatian utama dari Pemkab Pekalongan. “Karena saya mau Pekalongan sebagai Kota Santri ini bersih, indah, dan tidak ada pencemaran yang kita buat sendiri,” tegasnya.

Dikatakan, persoalan sampah di Kabupaten Pekalongan masih menjadi PR yang harus disikapi dan diperhatikan. “Dengan adanya kendaraan roda 3 pengangkut sampah ini, minimal sampah-sampah yang tadinya malas buang menjadi lebih mudah dan tidak ada pencemaran-pencemaran khususnya di desa-desa yang sekarang ini kondisi lingkungannya memprihatinkan. Mudah-mudahan ini menjadi PR kita semua, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk menjaga kebersihan karena kebersihan adalah sebagian dari iman,” ujar Bupati.

Bupati berharap, bantuan kendaraan roda 3 pengangkut sampah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. Ia juga berharap di tahun 2022 jumlah bantuan sepeda motor roda 3 pengangkut sampah bisa lebih banyak lagi. “Saya minta agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan bermanfaat dan Insya Allah akan kita pikirkan diperbanyak lagi di 2022 agar tidak ada sampah-sampah berkeliaran di Kabupaten Pekalongan,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perkim dan LH, Murdiarso, menyampaikan, bantuan itu dimaksudkan untuk menambah armada pengangkut sampah pada skala komunitas masyarakat, sehingga memperlancar proses pengangkutan sampah dari sumber ke fasilitas pengelolaan sampah berikutnya.

“Pada tahun anggaran 2021 ini, Pemkab Pekalongan melalui Dinas Perkim dan LH melaksanakan kegiatan pemberian bantuan kendaraan roda 3 pengangkut sampah sebanyak 34 unit, dan diberikan kepada lembaga-lembaga yang tersebar di seluruh Kabupaten Pekalongan,” terang Murdiarso.