Jangan Panik Saat Terjadi Bencana

by
TANGGAP - Melalui aplikasi inaRISK ini, masyarakat tidak hanya tahu petawa rawan bencana di wilayahnya, tetapi juga menjadi panduan saat terjadi bencana.

*BPBD Perkenalkan Aplikasi InaRISK

BATANG – Besar kecilnya risiko dampak bencana ternyata tidak hanya ditentukan oleh faktor alam, melainkan juga kesiapan manusianya. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang membekali diri dengan pengetahuan yang cukup menghadapi bencana, sehingga tidak panik saat terjadi bencana di wilayahnya.

Atas alasan itu pula, BPBD memperkenalkan aplikasi aplikasi yang digunakan untuk melihat daerah rawan bencana untuk memberikan edukasi dan pengetahuan pengurangan risiko bencana.

“Aplikasi ini bernama inaRISK Personal yang dikembangkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan dukungan dari Kementrian ESDM, Kementrian PU-Pera,dan BMKG serta lembaga lainnya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi, saat ditemui di Kantor BPBD Kabupaten Batang, Kamis (16/9/2021).

Dijelaskannya Ulul, aplikasi ini bisa melihat potensi daerah yang rawan banjir, sehingga masyarakat bisa siap-siap mengantisipasinya dengan hanya memencet info bahaya. Aplikasi inaRISK juga menyediakan fitur edukasi yang memberikan petunjuk tentang bagaimana kesiapsiagaan masyarakat saat terjadi bencana banjir misalnya, apa saja yang harus dipersiapkan. Harapannya, masyarakat tidak panik dan bingung bertindak saat terjadi bencana.

“Aplikasi inaRISK Personal sudah ada di Google Playstory untuk gawai android. Masyarakat Kabupaten Batang harus mendownload aplikasi ini karena sangat bermanfaat sekali apalagi yang tinggal di daerah rawan bencana,” jelasnya.