Alat Masak Bahan Besi Cor Tembus Pasar Luar Negeri

by
RAMBAH - Alat masak berbahan dasar besi cor atau besi tuang atau dengan cast iron hasil produksi pabrikan di Kabupaten Kendal, berada di Desa Grendem, Campurejo, Boja, dijual merambah hingga luar negeri.

*Produksi Pabrikan Grendem, Boja

KENDAL – Alat masak berbahan dasar besi cor atau besi tuang atau dengan cast iron hasil produksi pabrikan di Kabupaten Kendal, berada di Desa Grendem, Campurejo, Boja, ternyata tidak hanya laris di dalam negeri. Produk yang dikelola oleh CV Karya Inovasi Purnama atau lebih dikenal dengan nama SKITCHEN ini juga ternyata sudah menembus pasar luar negeri.

Sebelum dijual, semua produk telah melewati proses seasoning dengan pelapisan minyak ke seluruh permukaan selama tiga kali hingga menghasilkan warna hitam yang mengkilap.

Cast iron sendiri diklaim menjadi salah satu alat masak yang sehat dan aman untuk digunakan sehari-hari. Tidak seperti jenis alat masak lain yang mengandung enamel atau lapisan anti lengket, cast iron SKITCHEN hanya diberi lapisan seasoning dari minyak sayur yang tidak membahayakan tubuh. Meski begitu, alat masak cast iron membutuhkan perhatian ekstra. Cast iron harus rutin di-seasoning supaya tetap awet dan terhindar dari karat.

Awalnya, semua produk dipasarkan hanya melalui marketplace. Namun kini, produknya sudah merambah ke pasar ritel swalayan serta beberapa reseller yang tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Tangerang dan Semarang. Baru lima bulan sejak berdirinya, SKITCHEN berhasil mengekspor ribuan produknya ke Australia. Selain itu, di tahun pertama berdiri, juga merambah pasar ekspor ke berbagai negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura dan Filipina.

“Hingga kini, SKITCHEN berhasil menjual puluhan ribu produknya ke berbagai wilayah baik di Indonesia maupun luar negeri,” kata Chief Marketing Officer SKITCHEN, Novia Purnama, Kamis (16/9/2021).