Mengenal Peran Kode Swift Bank untuk Transfer ke Luar Negeri

by

Jika dalam satu wilayah Indonesia, Anda membutuhkan kode bank untuk bisa transfer uang ke bank yang berbeda, begitu juga apabila Anda hendak transfer uang ke luar negeri. Anda harus mengetahui kode swift bank jika hanya mempunyai rekening bank lokal seperti BNI, Mandiri dan lainnya.

Bagi orang tua yang memiliki anak yang sekolah di luar negeri, tentu seringkali melakukan transfer uang ke luar negeri demi kebutuhan sang buah hati. Ada banyak cara untuk bisa transfer ke luar negeri saat ini karena perkembangan teknologi yang semakin canggih termasuk pada teknologi perbankan. Sehingga, hampir seluruh bank di dunia dapat terhubung dan saling bekerja sama.

Pelayanan perbankan sendiri ada banyak macamnya, salah satunya adalah mentransfer uang. Apalagi saat ini, Anda bisa melakukan transfer uang antar bank dengan mudah, cepat serta aman. Begitu juga dengan kirim uang ke luar negeri. Anda bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun dengan proses yang tidak ribet, salah satunya dengan aplikasi Flip.

Cara Kerja Kode Swift Bank yang Berperan dalam Transfer Uang ke Luar Negeri

Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan kode swift bank? SWIFT sendiri merupakan singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications. Secara mudahnya, kode swift diartikan sebagai kode unik dari setiap bank untuk bisa mentransfer uang dari luar negeri maupun ke luar negeri.

Kode swift antar bank satu dengan bank lainnya tentu saja berbeda. Dengan kata lain, setiap bank memiliki kodenya masing-masing. Metode pengirimannya dengan telegraphic transfer.

Jika kode pada bank lokal menggunakan angka, maka kode SWIFT ini berupa kombinasi huruf kapital terdiri dari 8/11 karakter. 8 huruf pertama sebagai kode pokok sedangkan 3 karakter lainnya merupakan kode cabang.

Lalu, bagaimana cara kerja kode swift ini? Misalnya Anda merupakan nasabah bank BNI di Indonesia, kemudian ingin mengirimkan uang pada anak Anda yang bersekolah di luar negeri yang memiliki rekening bank of America. Maka, Anda perlu datang ke kantor cabang bank BNI terdekat dengan menyertakan nomor rekening anak Anda beserta kode SWIFT tersebut.

Selanjutnya, bank BNI akan mengirim pesan transfer uang pada cabang bank of America tersebut melalui jaringan SWIFT. Setelah bank of America tersebut mendapat pesan SWIFT mengenai pembayaran yang masuk, lalu bank akan menyelesaikan urusan settlement dan mendebit uang yang Anda kirim ke rekening anak Anda.

Dari sini terlihat bahwa SWIFT hanyalah sebagai sistem komunikasi antar bank. Sehingga, SWIFT tidak mempunyai sekuritas atau dana apapun. SWIFT juga tidak memiliki obligasi yang dapat mengelola akun kliennya.

Transfer Uang ke Luar Negeri Makin Mudah dengan Flip

Saat ini, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk transfer uang ke luar negeri tanpa perlu repot ke bank. Salah satunya dengan layanan Flip Globe. Flip Globe merupakan layanan yang disediakan oleh Flip untuk memudahkan para penggunanya dalam melakukan transfer uang ke luar negeri.

Saat ini, terdapat tiga pilihan biaya layanan yang bisa Anda pilih. Pertama, untuk pengiriman uang Indonesia ke Malaysia dikenakan biaya Rp 45.000. Kedua, untuk transfer ke Filipina, India, Korea dikenakan biaya Rp 50.000 sedangkan yang ketiga, yaitu untuk kirim ke Jepang atau negara lain akan dikenakan biaya Rp 65.000.

Tak perlu khawatir menggunakan aplikasi Flip, sebab kredibilitasnya sudah jelas terbukti. Apalagi Flip telah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera download aplikasi Flip untuk mendapatkan berbagai kemudahan